AYO SEHAT : Mudik Sehat, Aman, dan Nyaman

mudik sehat rumah sakit rkz surabayaTips Mudik Sehat. Menjelang lebaran, ada tradisi yang biasa dilakukan oleh banyak orang, yaitu mudik. Kata mudik sendiri, sebenarnya merupakan singkatan yang berasal dari bahasa Jawa yaitu Mulih Dhisik yang artinya pulang sebentar. Bagi kita yang bekerja jauh dari kampung halaman, akan memanfaatkan momen ini untuk berkumpul kembali dengan keluarga tercinta.

Persiapan Mudik Sehat & Aman

Beberapa kondisi tidak terduga bisa saja terjadi. Misal saja kemacetan atau gangguan kesehatan. Nah, agar mudik nyaman dan menyenangkan, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan. Berikut tips-tips dari Vita yang bisa membantu kelancaran perjalanan mudik Sahabat Vita:

  1. Bawa barang bawaan secukupnya. Membawa terlalu banyak barang atau mengangkut orang melebihi kapasitas kendaraan mengakibatkan posisi duduk tidak enak. Selain itu berkendara dalam waktu lama juga dapat menimbulkan kram dan nyeri otot atau punggung.

  2. Untuk menghindari nyeri dan kram, disarankan untuk istirahat tiap 4 jam atau ketika terasa nyeri. Pergunakan waktu istirahat ini untuk stretching.

  3. Sempatkan buang air kecil ketika beristirahat. Karena menahan buang air kecil bisa berisiko terjadi ISK atau Infeksi Saluran Kencing.

  4. Jangan menahan kantuk ketika berkendara.

  5. Pastikan kondisi badan fit. Jangan lupa makan sebelum berangkat mudik. Bagi Anda yang berpuasa, konsumsi makanan dengan gizi seimbang untuk sahur.

  6. Bawa bekal makanan dan minuman secukupnya. Untuk diabetisi, asupan kalori makanan harus tetap dijaga. Siapkan permen atau makanan manis untuk menghindari hipoglikemi.

  7. Bawa obat-obatan pribadi dan kotak P3K. Jika ada, bawa serta glukometer bagi pemudik diabetasi. Jika mengalami pusing dan keringat dingin, bisa segera dilakukan cek gula darah.

  8. Agar terhindar dari stress jika macet, siapkan lagu-lagu untuk mengatasi kejenuhan.

  9. Selain kondisi kesehatan badan, siapkan juga kondisi dan kelengkapan kendaraan Anda. Gunakan kendaraan yang laik pakai ya.

  10. Isi bensin full tank dan jangan menunggu hampir habis untuk mengisi lagi. Perlu antisipasi jika kondisi macet.

  11. Bawa uang tunai secukupnya. Tidak semua tempat tersedia ATM dan belum tentu bisa menggunakan kartu kredit atau debit.

  12. Catat atau simpan nomor telepon penting. Seperti polisi, jasa marga, info jalan tol, dan nomor darurat pelayanan.

  13. Jangan lupa membawa charger handphone atau power bank dan pastikan HP Anda terisi pulsa cukup untuk menghubungi seseorang dalam kondisi penting.

  14. Apabila Anda tidak familiar dengan jalur mudik, siapkan GPS pada gadget.

  15. Informasikan nomor telepon seluler Anda pada tetangga jikalau sesuatu terjadi di rumah, Anda bisa segera dihubungi.

Nah itu tadi beberapa tips dari Vita agar mudik Sahabat Vita bisa sehat, aman, dan nyaman. Eits, jangan lupa juga untuk patuhi rambu-rambu lalu lintas ya. Jika mengalami gangguan kesehatan, segera menuju pos kesehatan mudik atau layanan kesehatan terdekat. Selamat Mudik Sehat!

About the author: brian