KONSULTASI MEDIS ONLINE : PULANG OPNAME, PERUT MASIH TERASA BEGAH, DAN DADA TERASA PANAS

konsultasi medis online, tanya dokter, perut begah kembung

TANYA DOKTER

Bulan lalu saya menderita thypoid dan dirawat selama 2 hari,setelah pulang saya masih merasakan perut masih begah sampai sekarang hingga saya kontrol sampai 3x tapi begah diatas pusar masih terasa kadang malam seusai minum tiba2 dada terasa panas dan nyeri dilengan tangan kiri. tp perut tidak nyeri cuma perut begah saja, sampai sekarang jg begah diatas pusar dan dibuat nafas tidak enak.

Terimakasih

Vieny

 

JAWABAN KONSULTASI MEDIS ONLINE

Halo Sdri Vieny

Problem yang Anda ceritakan sepertinya khas masalah di seputar organ lambung/ gaster/ maag. Melihat umur anda yang masih muda, sepertinya bukan ke arah jantung. Kembung/begah, panas di dada, adalah salah satu gejala sekresi asam lambung yang berlebihan. Nyeri di dada atau susah nafas adalah saat kelebihan asam lambung tersebut naik ke organ esofagus, yang biasa disebut peristiwa reflux. Terapinya biasanya dengan meregulasi ulang produksi asam lambung dengan obat-obatan dan ditambahkan suplemen enzim pencernakan.

Untuk lebih menganalisa lebih jelas, saya anjurkan anda kontrol ulang ke dokter penyakit dalam (internis).  Pada suatu kondisi, biasanya dokter memerlukan gambaran lebih jelas kondisi lambung dan esofagus, maka dianjurkan melakukan prosedur Endoskopi/ Gastroskopi.

 

Terimakasih

dr. Agung Kurniawan Saputra, MARS.

Pondok Sehat RKZ Surabaya

SMS/WA : 081-97-98-99-00

 

* sumber gambar : us.images.detik.com/content/2014/07/07/763/163120_perutbegah.jpg

 

About the author: brian