KONSULTASI MEDIS : TANGAN SERING KESEMUTAN DAN TERASA KEBAS, BERBAHAYAKAH?

Pertanyaan :

Dear RKZ Surabaya.

Tangan saya sering mengalami kesemutan dan terasa kebas, terutama jika saya terlalu lama bekerja menggunakan komputer. apa yang salah dengan tangan saya dok?. Astrid (Surabaya)

 

Jawaban :

Dear ibu Astrid.
Kesemutan pada telapak tangan dan jari bisa terjadi pada siapa saja. Hal tersebut tentu biasa terjadi jika tangan kita tertekan dalam waktu cukup lama. Atau ketika salah tidur. Tetapi tentu tidak biasa apabila nyeri dan kesemutan yang dirasakan hanya pada ibu jari, telunjuk, dan jari tengah. Jika Anda pernah merasakan hal tersebut, mungkin saraf median Anda bermasalah. Saraf median membemberikan sensasi atau sentuhan yang terutama pada ibu jari, telunjuk, dan jari tengah. Jika ada keluhan pada ibu jari, telunjuk, dan jari tengah mengalami keluhan seperti nyeri atau kesemutan, berarti saraf median terjepit. Pada kondisi tertentu rasa nyeri juga terasa hingga lengan. Terjepitnya saraf median ini dikenal sebagai Carpal Tunnel Syndrome (CTS).

Saraf median terletak pada lorong karpal (carpal tunnel) di jalur pergelangan tangan. Pada lorong karpal ini terdapat pula sembilan otot penggerak jari-jari tangan. CTS terjadi apabila saraf median terjepit akibat pembengkakan saraf, otot, atau keduanya. Selain kesemutan pada 3 jari tersebut, gejala yang muncul biasanya nyeri, melemahnya motorik kunci, dan mati rasa. Gejala-gejala yang timbul muncul pada waktu-waktu tertentu saja. Yaitu ketika saraf median terjepit. Bedanya dengan kesemutan secara umum, kesemutan biasa di telapak tangan akan terasa menyeluruh. Sedangkan CTS, kesemutan terjadi pada 3 jari saja. Gejala ini bisa terjadi pada kedua tangan.

Penyempitan pada saraf median disebabkan oleh beberapa faktor. Diantarannya karena iflamasi, degenerasi, aktivitas, atau jika ada tumor pada pergelangan tangan. CTS juga dipengaruhi dari faktor kehamilan atau terjadi pada ibu hamil. CTS pada ibu hamil dipengaruhi oleh hormon, sehingga terjadi beberapa pembengkakan pada otot. Hal itu menyebabkan terhimpitnya saraf median pada pergelangan tangan.

Jika Anda mengalami gejala yang sama, baik jika dilakukan pemeriksaan lanjutan untuk menemukan diagnosa yang tepat. Beberapa tes yang bisa dilakukan misalnya tes fisik, yaitu Anda coba untuk menekuk pergelanggan tangan ke dalam. Jika terasa kesemutan dan mati rasa bisa disebabkan karena CTS. Diagnosa lain bisa dilakukan dengan elektromiografi, atau foto x-ray.
Untuk gejala CTS ringan seperti kesemutan ringan, tidak perlu dilakukan pengobatan khusus. Gejala dan keluhan CTS ringan bisa diterapi dengan gerakan fisioterapi. Sedangkan yang disebabkan karena iritasi yang menyebabkan inflamasi,
perlu mengkonsumsi obat tertentu. Untuk gejala yang sudah masuk level berat, harus dilakukan operasi guna menyelamatkan saraf. Dijelaskan pula oleh dokter berkacamata ini, bahwa jika kondisi saraf sudah parah dan rusak, meski dioperasi saraf median tidak akan kembali pada kondisi semula.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga cukup memberikan gambaran. jika ada hal yang masih kurang jelas, Silakan konsultasikan dengan dokter spesialis Tulang Anda.
Salam.

dr Mouli Edward Sp.OT

Klinik Spesialis Ortopedi – Jl. Ciliwung no 42

Praktek :

  • Senin = Pk. 10.00 – 12.00 WIB
  • Kamis = Pk. 08.00 – 10.00 WIB

About the author: brian