instalasi bedah sentral rkz surabaya

INSTALASI BEDAH SENTRAL

RKZ SURABAYA

 

Instalasi Bedah Sentral, menerapkan system Safety Surgical Checklist atau SSC sebagai prosedur standar dalam melakukan setiap pembedahan. Prosedur ini ditujukan untuk menjamin kualitas dan keamanan pada setiap proses operasi yang dilakukan. Ditunjang dengan peralatan canggih untuk berbagai keperluan pembedahan, termasuk bedah mikroskopis.

  1. Kamar Bedah
    Kamar Bedah RKZ Surabaya melayani tindakan Endoskopi, Laparoskopi, dan layanan bedah minimal invasif lainnya. Dapat menyelenggarakan kegiatan operasi emergensi, semi-emergensi maupun elektif.
    Dilayani di 6 kamar operasi besar, yang terdiri dari kamar operasi bersih maupun bersih terkontaminasi sesuai dengan jenis operasinya. Tersedia pula 2 kamar operasi kecil dan endoskopi. Kegiatan di Kamar operasi ini didukung oleh Spesialis Anestesi yang mampu menyelenggarakan berbagai pilihan sedasi sesuai dengan kebutuhan.
  2. Recovery Room
    Kegiatan pembedahan tidak bisa terlepas dari keberadaan Ruang Pulih Sadar (Recovery Room) yang berkapasitas 3-4 tempat tidur untuk menunjang persiapan operasi dan pemulihan sesudah operasi.
  3. CSSD
    Central Sterile Supply Department atau CSSD, salah satu unit di rmah sakitĀ  yang bertanggung jawab atas pencegahan infeksi melalui sterilisasi instrumen. Unit CSSD sebagai unit produksi juga menghasilkan kassa dan diaper steril untuk kebutuhan unit perawatan dan kamar bedah. Sebagai tanggung jawab terhadap jaminan mutu sterilisasi, CSSD juga melakukan uji kultur instrument dan penentuan masa kadaluarsa instrument steril.