PAGUYUBAN DIABETES & HIDUP SEHAT (PDHS)

RKZ SURABAYA

#SEJARAH

Bimbingan dan pendampingan bagi kelompok Diabetes Mellitus (DM) dimulai sejak tahun 1994 yang pada saat itu bernama kelompok “HARMONI. Saat itu, kelompok HARMONI tidak hanya beranggotakan penderita DM tapi juga penderita asma, TBC, dan hipertensi. Pertemuan dilakukan rutin setiap 2 bulan sekali untuk memberikan edukasi bagi anggota kelompok. Materi edukasi yang diberikan beraneka macam dari disiplin ilmu yang berbeda (Misal: Senam Asma, perawatan kaki penderita DM ). Disamping itu, para anggota diberikan kesempatan untuk sharing pengalaman masing-masing mengenai penyakit yang diderita.

Dalam perkembangannya, RKZ memutuskan untuk membuat wadah bagi mereka yang menderita DM karena peningkatan pasien DM selama dua tahun tersebut. Sehingga pada bulan Maret 2004 pihak RKZ mengirim tim yang anggotanya terdiri dokter, perawat dan bagian gizi untuk mengikuti pelatihan yang diadakan PEDI (Perhimpunan Edukasi Diabetes Indonesia) selama 3 hari tanggal 18-20 Maret 2004. Hasil dari pelatihan ini dapat memberikan wadah bagi penderita DM dengan nama Paguyuban Diabetes Mellitus (PDM) yang diresmikan pada tanggal 24 April 2004.    Pada bulan April tahun 2014, untuk meningkatkan layanan dan suasana yang lebih segar, PDM berganti nama menjadi PAGUYUBAN DIABETES dan HIDUP SEHAT RS Katolik St Vincentius a Paulo Surabaya (RKZ) atau disingkat PDHS-RKZ.

Materi yang diberikan tiap bulan pada pertemuan DM kini lebih kompleks. Yaitu mencakup gizi, keperawatan, fisioterapi, farmasi dll. Bahkan PDHS telah menjadi bahan penelitian bagi beberapa instansi pendidikan, baik pendidikan keperawatan, farmasi, maupun kedokteran.

#KEGIATAN

  1. SENAM PAGI.
    Senam pagi khusus bagi diabetisi dan dipimpin oleh instruktur yang tersertifikasi PERSADIA, dilaksanakan setiap sabtu pada pekan pertama dan kedua
  2. PERTEMUAN RUTIN.
    Menjadi inti kegiatan PDHS, 1x pertemuan setiap sabtu pada pekan terakhir. Pertemuan diisi dengan kegiatan edukasi dari para nara sumber dokter, perawat, ahli gizi, fisioterapis, dll. Selain itu, pertemuan juga disertai dengan kegiatan konseling pribadi dan pemeriksaan kesehatan bila diperlukan
  3. REKREASI BERSAMA
    Salah satu cara mencegah kejenuhan dan mempererat keakraban antar diabetisi
  4. DIABETES WALK
    Kegiatan bersama komunitas diabetes lain yang diselenggarakan setiap tahun untuk memperingati hari Diabetes Sedunia
Berdirinya organisasi PDHS RKZ Surabaya merupakan bentuk keterbukaan RKZ Surabaya untuk berjejaring dalam mewujudkan visi-misinya. Maka, pelindung organisasi PDHS RKZ selalu dijabat oleh Direktur Utama RKZ Surabaya dan Direksi juga menetapkan fungsi pembinaan dan pendampingan organisasi PDHS RKZ dalam uraian tugas/ jabatan dalam struktur organisasi RKZ Surabaya. Maksud didirikannya PHDS RKZ Surabaya adalah untuk ikut berperan aktif dalam meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat, utamanya untuk para diabetisi, agar tetap hidup sehat bersama penyakit diabetes dan dengan demikian dapat memberikan motivasi serta mengajak masyarakat lainnya untuk meningkatkan kualitas kesehatannya melalui penghayatan pola hidup sehat.

dr. Agung K. Saputra, MARS

Kepala Bidang Hospital Relation RKZ Surabaya
Pembina PDHS RKZ

 

Anda tertarik ikut dan bergabung dengan PDHS RKZ Surabaya, hubungi :

TIM PELSOS RKZ Surabaya

031-5677562 ext 464 (hari & jam kerja)