VITA : SETELAH KENA CACAR AIR 1X, BUKAN BERARTI VIRUSNYA MATI

Herpes-Zoster-rkz-surabayaHerpes Zoster, Cacar Air Bukan Ya? Pernah terkena cacar air sebelumnya? Tapi, kira-kira terulang lagi tidak ya? Kalau herpes zoster, termasuk cacar air bukan ya? Banyak pertanyaan yang muncul dari dua penyakit yang sama-sama disebabkan oleh virus varisela zoster ini.

Menurut dr Wahyu Lulus Ariyanto, MARS, dokter Medical Check Up RS Katolik St Vincentius a Paulo (RKZ) Surabaya, varisela zoster, virus penyebab cacar air, akan tinggal menetap dengan kondisi tidak aktif. “Virus kembali aktif dan muncul ketika seseorang mengalami penurunan sistem imun”, kata dr Ari, panggilan akrabnya.

Sekitar 20 pesen orang yang pernah mengalami cacar air, virus di dalam tubuhnya berpotensi aktif kembali dan menyebabkan herpes zoster. Biasanya terjadi pada orang berusia 50 tahun keatas.

Herpes zoster merupakan penyakit peradangan saraf yang muncul ke permukaan kulit. Penyebab munculnya herpes zoster ini dari aktifnya kembali virus varisela zoster dari dalam tubuh seseorang yang pernah mengalami cacar air.

Perlu waspada juga bagi sahabat Vita yang belum pernah mengalami cacar air. Herpes zoster akan menular pada seseorang yang belum pernah terkena cacar air. Penularan terjadi dari cairan yang keluar dari lepuh herpes penderita. “Bagi yang sudah pernah mengalami cacar air, penularan tidak akan terjadi dari cairan herpes zoster”, jelas dokter alumnus UNAIR tersebut.

Herpes zoster biasanya diawali dengan munculnya gatal dan ruam pada kulit yang berhubungan dengan saraf yang meradang. Penderita akan merasa kesemutan dan rasa nyeri. Jangkitan herpes zoster seringkali muncul pada satu sisi tubuh yang meradang.

Lepuhan kulit yang meradang sebaiknya tidak digaruk. Luka dari bekas garukan berpotensi menimbulkan infeksi. Infeksi bisa diobati dengan antibiotik, namun akan menimbulkan bekas luka.

Untuk pengobatan, biasanya diberikan obat antiherpes dalam bentuk salep, pil, atau intravena dan ditambah dengan obat pereda nyeri. Sedangkan pencegahan bisa dilakukan dengan pemberian vaksinasi. Pemberian vaksin kepada orang dewasa atau diatas usia 50 tahun dapat meningkatkan kekebalan melawan virus varisela zoster.

Namun cukup disayangkan, belum ada penelitian lebih lanjut siapa saja yang memiliki potensi lebih besar tertular virus ini. Apakah orang yang pernah atau malah orang yang belum pernah cacar air.(phi/drA)

*diolah dari berbagai sumber

Informasi vaksin herpes zoster:
Vaksin & Medical Check Up – Pondok Sehat
RS Katolik St Vincentius a Paulo Surabaya
Senin-Jumat, 07.00-15.00 WIB. Sabtu, 07.00-12.00 WIB
081-97-98-99-00 (SMS/ WhatsApp)

About the author: brian