RKZ UPDATE : HOSPITAL TOUR TK FATIMA

HOSPITAL TOUR RUMAH SAKIT RKZ SURABAYAHOSPITAL TOUR RKZ SURABAYA

RS Katolik St Vincentius a Paulo (RKZ) Surabaya mendapatkan kunjungan dari adik-adik TK Fatima Surabaya. Sejumlah 31 siswa, adik-adik diajak untuk mengenal lebih dekat profesi kesehatan juga alat medis di rumah sakit. Kegiatan ini dikemas dalam Hospital Tour.

Dengan mengenakan jas dokter dan stetoskop, para siswa berfoto terlebih dahulu dengan Vita dan Vito, icon RS yaitu perawat dan dokter yang ramah kepada anak-anak. Secara bergantian adik-adik berfoto dengan masing-masing gaya yang menggemaskan.

Siswa dan guru pendamping memulai tour mengikuti 2 jalur berbeda secara bergantian. Kelompok 1, menuju Gudang Perbekalan Farmasi (GPF) untuk memperkenalkan profesi apoteker dan belajar membuat puyer. sebelum praktek membuat puyer, anak – anak di beri pengarahan dan contoh oleh petugas Apoteker. pemakaian masker sebagai perlengkapan APD wajib di gunakan.

Sedangkan kelompok lainnya, menuju ruang simulasi pemeriksaan dengan mengendarai ambulans. selama di dalam ambulance, mereka di kenalkan dengan berbagai perlengkapan medis yang serngkali digunakan. selain itu, anak – anak di edukasi tentang fungsi sirine ambulance, kenapa ambulance berbunyi nyaring saat sedang membawa pasien, serta baiknya kita memberi jalan bagi ambulance agar bisa melaju terlebih dulu di jalanan.

PARENTING CLASS : GADGET – TEMAN ATAU LAWAN

Sembari para siswa berkeliling, walimurid dan beberapa guru mengikuti sesi sharing dan edukasi kesehatan bersama psikolog RKZ Surabaya, Phebe Illenia Suryadinata, M.Psi., Psi dan dokter medical check up, dr Agung K. Saputra, MARS.

Tema edukasi kali ini yaitu, Gadget: Kawan atau Lawan. Pembicara menyampaikan melalui sisi perlunya pendampingan tumbuh dan kembang si kecil.

Hospital Tour menjadi kegiatan yang menyenangkan, terlihat dari antusias para siswa mencoba beberapa alat serta menjawab pertanyaan yang diajukan oleh dokter maupun perawat ketika berkeliling. Gracia, salah satu siswa merasa sangat senang karena bisa berkeliling rumah sakit dan naik ambulans.

Terima kasih kepada TK Fatima yang telah memberikan kepercayaan kepada kami untuk mengenalkan profesi kesehatan. Semoga mejadi pengalaman baik bagi adik-adik. (phi/drA)

About the author: brian