RKZ UPDATE – PELATIHAN BLS MPK KEUSKUPAN SURABAYA

RKZ UPDATE – HOSPITAL TOUR, LEBIH DEKAT DENGAN PROFESI KESEHATAN
June 2, 2018
AYO SEHAT – DETEKSI T.O.R.C.H SAAT MERENCANAKAN KEHAMILAN
July 31, 2018

Pelatihan BLS Tim Kerja Kepramukaan Majelis Pendidik Keuskupan Surabaya bekerja sama RS Katolik St Vincetius A Paulo (RKZ) Surabaya mengadakan pelatihan pertolongan pertama pada kecelakaan. Pelatihan yang berlangsung pada hari Selasa 26 Juni 2018 diiukuti 30 peserta yang bertindak sebagai panitia pada acara Pekan Kekerabatan XI 2018.

PELATIHAN BLS KEUSKUPAN SURABAYA

Pelatihan yang dipimpin Tim Instalasi Gawat Darurat RS Katolik St Vincetius A Paulo (RKZ) Surabaya  menyampaikan beberapa materi yang terdiri dari praktek bidai dan pijat jantung.

Jika pada suatu keadaan ditemukan korban dengan penilaian dini terdapat gangguan tersumbatnya jalan nafas, tidak ditemukan adanya nafas dan atau tidak ada nadi, maka penolong harus segera melakukan tindakan yang dinamakan dengan istilah Bantuan Hidup Dasar.

Bantuan Hidup Dasar terdiri dari beberapa cara sederhana yang dapat membantu mempertahankan hidup seseorang untuk sementara. Beberapa cara sederhana tersebut adalah bagaimana menguasai dan membebaskan jalan nafas, bagaimana memberikan bantuan pernafasan dan bagaimana membantu mengalirkan darah ke tempat yang penting dalam tubuh korban, sehingga pasokan oksigen ke otak terjaga untuk mencegah matinya sel otak.

Penilaian dan perawatan yang dilakukan pada bantuan hidup dasar sangat penting guna melanjutkan ketahapan selanjutnya. Hal ini harus dilakukan secara cermat dan terus menerus termasuk terhadap tanggapan korban pada proses pertolongan.

Dalam sambutannya, Sr Augusta SSpS, Direktur Umum & Adm./Keu., menyampaikan bahwa pelatihan ini tidak cukup hanya dilakukan sekali tetapi perlu berkelanjutan. Pramuka harus mampu menjaga diri serta mampu untuk memberikan pertolongan pada sesama yang membutuhkan.

Salam Pramuka, Ayo Sehat

 

Instalasi Gawat Darurat RKZ Surabaya

Emergency Call : 031-5631228 / 081 331 822 854

Ambulance 24 jam RKZ Surabaya di lengkapi dengan alat emergensi lengkap:

  1. Defibrilator Bifasik
  2. Long Spine Board
  3. Head Immobilizer
  4. Suction
  5. Oksigen
  6. Obat Emergensi

(PHI)

Comments are closed.