Dalam Percepatan oleh Disrupsi
October 16, 2021
REGULASI BEROBAT & BERKUNJUNG KE RKZ SURABAYA
November 2, 2021
Breaking News RKZ Surabaya

Bantuan Untuk Saudara di Nusa Tenggara Timur

Bulan April 2021 lalu, masyarakat dikejutkan dengan adanya berita bencana siklon tropis seroja yang menghantam wilayah Nusa Tenggara Timur, Indonesia. Badai tropis seroja, menyebabkan angin kencang, hujan lebat, gelombang tinggi, juga banjir bandang. Bencana ini memaksa puluhan ribu warga NTT untuk mengungsi ke posco penampungan. Ratusan orang meninggal, lebih dari 200 orang mengalami luka-luka, dan puluhan orang dinyatakan hilang. Tidak hanya warga, bencana ini juga menghancurkan ribuan rumah, sekolah, rumah ibadah, dan fasilitas umum lainnya.

Barang berharga bahkan seisi rumah, termasuk kebutuhan pokok sehari-hari, juga hanyut tersapu banjir bandang. Lalu bagaimana saudara-saudara kita ini memenuhi kebutuhan harian mereka? Tidak hanya orang tua dan muda, bahkan bayi dan anak-anak juga. Peristiwa ini membuat kita sejenak untuk berhenti dari kesibukan kita. Berhenti untuk ikut merasakan apa yang dirasakan oleh para korban. Memberikan perhatian kita, juga bantuan apapun yang bisa kita bagikan.

Duka NTT, duka kita bersama. Melihat berita dan mendengarkan cerita dari berbagai media, menginisasi RS Katolik St Vincentius a Paulo Surabaya untuk berpartisipasi dan menggerakkan karyawan dan siapa saja untuk bersama meringankan beban para korban bencana di timur Indonesia. Hal ini dilakukan sebagai bentuk solidaritas kemanusiaan diantara perjuangan penanganan virus covid 19 yang masih harus dilakukan.

Jumat 9 April 2021 menjadi hari pertama pengiriman bantuan. Tidak terbatas dalam bentuk donasi, RKZ Surabaya juga mendapatkan dukungan dari berbagai pihak untuk proses pengiriman bantuan, baik truk pengangkutan juga armada kapal. Pada pengiriman pertama, sejumlah 65 koli pakaian baru dan layak pakai, popok bayi, selimut, 151 koli bahan makanan dan obat-obatan dikirimkan menuju RS Katolik Marianum Halilulik, Kabupaten Malaka, Pulau Timor untuk didistribusikan pada korban bencana.

Banyaknya bantuan yang dibutuhkan korban bencana, juga masih mengalirnya perhatian dari donatur, RKZ Surabaya kembali menyalurkan donasi kepada korban bencana alam badai tropis seroja. Senin, 19 April 2021, sejumlah 169 koli makanan dan obat-obatan, 127 koli berupa pakaian baru dan layak pakai untuk bayi hingga dewasa, seragam sekolah, alat tulis, perlengkapan bayi, juga perlengkapan sholat. Pengiriman kedua ini disalurkan kepada korban di Flores melalui Biara SSpS Balela, Larantuka, Nusa Tenggara Timur.

Dari semua bantuan, perhatian, dan doa dari semua, diharapkan dapat memberikan penghiburan kepada para korban dan memaknai, bahwa para korban tidak semdiri. RKZ Surabaya juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang berpartisipasi tulus dalam kegiatan berbagi cinta ini. Salam Sehat dan Tuhan memberkati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *