AYO SEHAT – TIPS PUASA SAAT HAMIL

RKZ Update : Pelatihan Risk Register Sebagai Dasar Manajemen Resiko Rumah Sakit
February 26, 2018
RKZ UPDATE – HOSPITAL TOUR, LEBIH DEKAT DENGAN PROFESI KESEHATAN
June 2, 2018

Tips Puasa saat hamil

Tips Puasa saat hamil – Hamil bukan halangan untuk puasa loh, bunda. Tetapi sebelum melakukan puasa ada baiknya bunda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter atau bidan yang menanganani kehamilan bunda.

Puasa untuk ibu hamil bukan berarti tidak makan sama sekali. Namun memindahkan jadwal jam makan saja. Yang biasanya pagi dan siang menjadi malam dan subuh.

Dikatakan dr Ariawan Adimoelja, SpOG RKZ Surabaya, pada awal kehamilan atau hamil dengan gangguan pencernaan, seringkali menimbulkan keluhan. “Biasanya merasa mual hingga muntah”, jelasnya. Untuk itu, dokter menyarankan agar ibu hamil cukup mengkonsumsi vitamin dan mineral selama berpuasa.

USIA KANDUNGAN BERAPA BOLEH PUASA ?

Usia kehamilan bukanlah tolak ukur boleh berpuasa atau tidak. “Jika ibu berpuasa bukan berarti nantinya janin di dalam kandungan akan kelaparan atau kekurangan gizi”, papar dr Ariawan. Menurutnya yang menjadi tolak ukur boleh atau tidaknya ibu hamil berpuasa adalah berdasarkan kondisi kehamilannya.

TIPS PUASA SAAT HAMIL

Pada saat berbuka, sebaiknya awali dengan berbuka dengan makanan yang manis dan lunak secukupnya. Setelah lambung dapat menerima dengan baik, baru dilanjutkan dengan menu utama dan penuhi kecukupan cairan dengan mengkonsumsi air mineral. “Sebaiknya kurangi makanan cepat saji atau makanan yang diawetkan”, saran dr Ariawan. Menjaga kebugaran selama hamil dan puasa, ibu dengan usia kehamilan cukup, juga boleh tetap melakukan senam hamil secara rutin.

Bagi ibu dengan kondisi kehamilan lemah, kurang asupan makanan, kurang cairan, terjadi penurunan berat badan, mengalami muntah setiap kali makan atau minum, dan perkiraan berat badan bayi kurang, bisa dipertimbangkan untuk melakukan puasa. Konsultasikan dengan dokter spesialis Kebidanan dan Kandungan kami.

Comments are closed.