Hidroterapi Bantu Proses Pemulihan

Gedung Baru RKZ Surabaya
January 30, 2020
Ayo Ngobrol Soal COVID-19
March 12, 2020

Hidroterapi bantu proses pemulihan pasien.

Hidroterapi, metode fisioterapi dengan menggunakan media air ini bertujuan untuk mendapatkan efek relaksasi, pengurangan nyeri, dan penguatan otot.

Hidroterapi sangat membantu pada pasien-pasien stroke, pemulihan pasca operasi, keluhan osteoarthritis, osteoporosis, cidera tulang belakang. Juga keluhan nyeri punggung, bahu, leher, dan bagian tubuh lain.

Hidroterapi juga cocok bagi ibu hamil untuk penguatan otot pernapasan, geriatri, orang dengan gangguan keseimbangan dan koordinasi, parkinson, gangguan tidur. Terapi ini juga bisa dilakukan pada anak dengan gangguan tumbuh kembang.

Namun pada pasien dengan diabetes dan hipertensi tidak terkontrol, tidak disarankan. Hal ini disebabkan kemungkinan adanya luka terbuka atau gangguan tekanan darah.

Selain relatif lebih efektif dan mempercepat proses pemulihan, keunggunggulan hidroterapi lainnya, membantu penguatan otot, meningkatkan kerja sistem pernapasan, mengurangi pembebanan sendi, dan mengurangi risiko pasien jatuh.

Bagi Anda yang tidak bisa berenang namun tertarik memanfaatkan layanan ini tidak perlu khawatir tenggelam. Anda akan didampingi oleh fisioterapis yang terlatih dan sudah bersertifikasi. Ada 3 orang tenaga fisiterapis laki-laki dan perempuan.

Untuk prosedur, fisioterapis akan melakukan anamnese atau memeriksa pasien terlebih dahulu. Gunanya untuk menentukan latihan-latihan apa yang diperlukan. Hal ini mengingat bahwa setiap latihan sifatnya personal, sehingga disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan pasien. Anda bisa datang dengan membawa surat pengantar dari dokter.

Untuk sekali terapi durasi latihan sekitar 45 hingga 60 menit atau tergantung kemampuan pasien. Bagi pasien dengan keluhan nyeri, terapi dilakukan bertahap mulai penurunan nyeri. Apabila nyeri sudah berkurang, latihan akan difokuskan pada tahap penguatan otot.

Untuk persiapan, Anda cukup membawa baju renang dan perlengkapan mandi. Bagi pasien yang terlanjur tidak membawa, Unit Rehabilitasi Medis kami menyediakan stok pembelian baju renang dan perlengkapan.

Hidroterapi dilayani melalui Unit Rehabilitasi Medis RKZ di Gedung Santo Yosef lantai 3, jalan Ciliwung nomor 26 Surabaya. Reservasi dan pendaftaran bisa dilakukan melalui whatsapp di nomor 08229 8888 361.

Link maps lokasi Gedung Santo Yosef

Comments are closed.