MANFAAT PIJAT BAYI

MERAWAT KE-KARTINI-AN
April 22, 2019
KONSULTASI MEDIS : SESAAT TERASA NYERI DADA, APAKAH SAKIT JANTUNG?
April 24, 2019

manfaat pijat bayiManfaat pijat bayi – Selain menjadi interaksi dan membina ikatan kasih sayang antara buah hati dengan ayah atau bunda, melalui aktivitas memijat juga berguna untuk meningkatkan berat badan bayi, meningkatkan daya tahan tubuh, memingkatkan konsentrasi bayi dan mengoptimalkan waktu tidur bayi. Dengan memijat bayi, juga merangsang produksi ASI ibu.

Prinsip Tepat, Optimalkan Manfaat Pijat Bayi

Untuk mengoptimalkan manfaat pijat bayi ini, ada beberapa prinsip dalam memijat bayi, diantaranya:

  • Kita sering mendengar, bahwa mata adalah jendela hati. maka dengan memandang mata bayi, disertai pancaran kasih sayang selama pemijatan berlangsung, akan mampu meningkatkan ikatan antar ibu dan bayi
  • Bernyanyilah atau putarkanlah lagu-lagu yang tenang atau lembut →suasana tenang
  • Awalilah pemijatan dengan melakukan sentuhan ringan →bertahap tambahkanlah tekanan pada sentuhan
  • Sebelum melakukan pemijatan, lumurkan baby oil atau lotion yang lembut.
  • Tanggap isyarat yang diberikan oleh bayi . Jika bayi menangis, jangan dipaksakan.  tenangkan sebelum melanjutkan pemijatan. sangat penting untuk menjaga mood bayi. jika bayi merasa tidak nyaman, maka akan mengurangi manfaat pijat bayi tersebut.
  • Mandikan bayi segera setelah pemijatan. Jika pemijatan dilakukan pada malam hari, bayi cukup diseka dengan air hangat agar bersih.
  • Lakukan konsultasi pada dokter atau perawat atau bidan untuk mendapatkan keterangan lebih lanjut tentang pemijatan bayi.
  • Hindarkan mata bayi dari baby oil / lotion.

Bagi ibu yang masih takut untuk memijat bayinya, bisa memanfaatkan layanan pijat bayi di RKZ Surabaya. Anda tidak perlu khawatir dan ragu, karena pijat bayi ini dilakukan oleh bidan terlatih dan sudah berpengalaman. Tertarik untuk memijatkan putra-putri Anda? Silahkan menghubungi petugas Pondok Sehat 081 97 98 99 00

Comments are closed.