KENALI TUMBUH DAN KEMBANG BUAH HATI

DIET ALERGI PADA ANAK
October 7, 2018
PROTEIN SUMBER GIZI SEIMBANG IBU HAMIL
October 14, 2018

 Kenali Tumbuh dan Kembang Buah HatiKasih Sayang, Faktor Penting Tumbuh Kembang Buah Hati. Kenali Tumbuh dan Kembang Buah Hati. Bagi Anda para orang tua atau yang bercita-cita menjadi orang tua, baik jika Anda menyediakan waktu untuk membaca artikel ini. Mengapa? Dari RS Vincentius A Paulo (RKZ) Surabaya bersama dr Irma  Lestari Paramastuty, M. Biomed, SpA akan berbagi tentang tumbuh kembang si kecil.

Menurut dr Irma, proses pertumbuhan dan perkembangan si kecil perlu mendapatkan perhatian khusus. “Jika ada gangguan pada masa tumbuh kembang, akan mempengaruhi anak hingga usia dewasa”, jelas dr Irma. Lalu, harus bagaimana? Sebelumnya kita perlu tahu terlebih dahulu tentang tumbuh dan kembang

Kenali Tumbuh dan Kembang Buah Hati

Tumbuh berbeda dengan berkembang. Tumbuh atau pertumbuhkan yaitu bertambahnya ukuran dan jumlah sel yang dapat dilihat dari bertambahnya struktur dan ukuran secara fisik. “Sedangkan perkembangan lebih pada kemampuan anak. Seperti mulai bisa minum, senyum, tengkurap, duduk, merangkak, dan sebagainya”, ujar dr Irma.

Perkembangan sendiri mencakup 4 aspek perkembangan antara lain, motorik halus, motorik kasar, personal sosial kemandirian dan bicara bahasa. Faktor genetik dan lingkungan juga berpengaruh. “Dari faktor lingkungan seperti pemberian nutrisi, stimulasi, dan kasih sayang yang cukup, perlu diperhatikan sejak dari dalam rahim ibu”, tutur ibu 3 anak ini. Meski cukup penting dan berpengaruh, namun cukup disayangkan karena belum banyak orang tua yang mengetahui hal tersebut. Dikatakan dr Irma, jika orang tua tidak memahami tumbuh dan kembang buah hati, akan sulit pula memahami terjadinya gangguan tumbuh dan kembang pada anak.

“Pemenuhan nutrisi atau faktor lingkungan lain yang berpengaruh, perlu dilakukan pada saat yang tepat. Jika terjadi gangguan pada tumbuh dan kembang buah hati, terlambat diketahui,  tidak bisa dilakukan tindakan pencegahan”,

PENTINGNYA 1000 HARI PERTAMA KEHIDUPAN BUAH HATI

 1000 hari pertama kehidupan merupakan saat yang paling penting pada pertumbuhan dan perkembangan otak anak. Semakin banyak sinaps, maka anak akan semakin cerdas.

Dijelaskan oleh dokter berambut panjang ini, masa 1000 hari pertama kehidupan merupakan saat yang paling penting pada pertumbuhan dan perkembangan otak anak. “Saat baru lahir, bayi memiliki jutaan sel otak yang belum berhubungan satu dengan yang lain. Hubungan ini disebut juga dengan sinaps. Sinaps sangat penting untuk mempercepat informasi yang didapat dari luar. Dengan kata lain, semakin banyak sinaps, maka anak akan semakin cerdas”, papar dr Irma.

Bagaimana cara memperbanyak sinaps? Salah satunya dengan memberikan nutrisi yang baik serta stimulasi seperti bermain, dibelai, dipeluk, diajak tersenyum. “Dan yang tidak kalah penting, pemberian kasih sayang yang cukup juga bisa memperbanyak sinaps”, kata dr Irma. Jika kebutuhan nutrisi, stimulasi, dan kasih sayang tidak terfasilitasi, menyebabkan tidak terjadinya hubungan antarsel. “Jika hubungan antar sel atau sinaps tidak terjadi, secara alami tubuh akan mengenali sel tersebut tidak berguna dan akan dimusnahkan”, jelas dr Irma.

Gangguan perkembangan buah hati bisa dideteksi lebih awal. Caranya dengan dilakukan proses skrining tumbuh kembang. Dikatakan dr Irma, “Jika ditemukan gangguan, bisa segera dilakukan intervensi untuk perbaikan”.

Informasi lebih lanjut mengenai Layanan Konsultasi Tumbuh dan Kembang RKZ Surabaya

Dapat menghubungi Klinik Spesialis Anak atau melalui nomor Reservasi Klinik

RS Katolik St Vincentius A Paulo (RKZ) Surabaya

Gedung Santo Yosef – Jalan Ciliwung no. 26 Surabaya

0819 1600 7300 (Chat only)

Comments are closed.