KEUNTUNGAN ASI EKSKLUSIF

BERAGAM MAKANAN FERMENTASI
December 19, 2018
MAKSIMALKAN ASI EKSKLUSIF
December 28, 2018

ASI EkskluLAYANAN MATERNITASsif adalah hanya memberikan ASI saja dari saat bayi lahir sampai usia enam bulan. Selama masa tersebut, sebaiknya semua ibu hanya memberikan ASI pada bayinya, tanpa menambahkan asupan apa pun. Sebab, bayi akan mendapatkan banyak manfaat dari pemberian ASI Eksklusif.

Selain ASI, tidak ada asupan lain yang lebih baik untuk diberikan pada bayi. Kandungan nutrisi yang diproduksi secara alami oleh tubuh memiliki kandungan nutrisi penting untuk tumbuh kembang bayi, Komposisi ASI lebih mudah dicerna ketimbang susu formula. Kandungan ASI seperti Vitamin, Protein, Karbohidrat, dan lemak.

APA SIH  ASI EKSKLUSIF ITU?

  1. Hanya memberikan ASI saja dari saat bayi lahir sampai dengan umur 6 bulan
  2. ASI merupakan makanan terbaik bagi bayi
  3. Semua pengganti ASI termasuk susu sapi, minuman susus bubuk, tajin, dan lain-lain di bawah ASI
  4. Pemberian ASI sampai usia 6 bulan saja karena
  5. Gizi ASI sudah cukup memenuhi kebutuhan bayi
  6. Pencernaan bayi hanya mampu untuk mencerna ASI
  7. Mencegah timbulnya alergi pada anak
  8. Kesempatan utama menjalin kasih sayang ibu dan anak
  9. Penting untuk dasar perkembangan fisik dan mental anak
  10. Pemberian makanan lain dapat mengurangi produksi ASI
  11. Menunda kehamilan

MANFAAT ASI EKSKLUSIF

Manfaat yang didapat oleh ibu dengan memberikan ASI secara Eksklusif adalah membantu mencegah terjadinya kanker payudara, dapat mempercepat kembalinya rahim ke keadaan normal, memperpanjang masa bebas menstruasi, selain itu ASI mudah didapatkan, yang terpenting ASI mampu mempererat hubungan batin antara ibu dan anak.

Tidak hanya ibu yang merasakan manfaat dari ASI, Anak juga merasakan manfaatnya. ASI yang didapat dari ibu memiliki komposisi yang sesuai dengan kebutuhan bayi. Melindungi bayi dari penyakit, Meningkatkan kecerdasan bayi, ASi memiliki suhu yang cocok untuk bayi, dan yang terpenting adalah kebersihan itu sendiri.

Kenapa lebih baik memberikan ASI secara EKsklusif pada anak ketimbang memberikan susu formula?. karena ada beberapa komposisi dari ASI yang tidak didapatkan jika kita memberikan susu formula. Contohnya seperti Antibodi, Hormon, Antivirus, Antialergi, Antiparasit, Faktor pertumbuhan, dan Enzim.

CARA MEMPERBANYAK PRODUKSI ASI

Setiap ibu yang hendak mempoduksi ASI harus yakin bahwa air susunya keluar. Menyusui sesering mungkin, setiap kali bayi menangis, karena lebih sering menyusui akan lebih banyak ASI yang tersedia. Ibu menyusui harus mengkonsumsi makanan bernilai gizi tinggi,tidak lupa untuk mendapatkan istirahat yang cukup. Minum sekurang-kurangnya 8-12 gelas setiap harinya. Dan biu menyusui dianjurkan untuk tidak makan makanan yang bersifat perdas demikian pula untuk tidak mengkonsumsi jamu.

KERUGIAN / BAHAYA SUSU FORMULA

Bagi ibu yang kurang mengerti/memperhatikan cara menyediakan susu formula, dapat menimbulkan beberapa kerugian seperti Susu yang terlalu banyak air, sehingga tidak cukup mengandung zat yang diperlukan. Kerap dijumpai air dan alat yang digunakan utnuk meyediakan susu formula kurang kebersihannya, mengandung bibit penyakit sehingga dapat menimbulkan diare. Biaya untuk membeli susu formula terkesan mahal dan terkadang sukar diperoleh.

 

 

Informasi & Konsultasi Seputar klinik Laktasi
Layanan Maternitas RS Katolik Vincentius A Paulo Surabaya – 031 2952 ext 209
Hubungi Pondok Sehat RKZ Surabaya – 081 97 98 99 00

Comments are closed.