AYO SEHAT – SENAM HAMIL

AKUPUNKTUR MEDIS – MENGATASI NYERI, PENYAKIT KRONIS HINGGA ESTETIKA
January 30, 2019
SETELAH KENA CACAR AIR, BUKAN BERARTI VIRUSNYA MATI
February 1, 2019

Persiapkan Mental & Fisik Bunda untuk Kehadiran Buah Hati tercinta

senam hamil rkz surabaya

Senam Hamil – Kelahiran anak sulung menjadi momen yang paling dinanti seluruh ibu di seluruh muka Bumi. Penantian 9 bulan yang penuh perjuangan dan susah payah, akan terbayarkan dengan lahirnya san buah hati. Kehamilan memang sering membuat tubuh menjadi cepat lelah sehingga ibu hamil ingin terus berbaring santai, baik di sofa maupun tempat tidur. Namun perlu diketahui tidak bergerak aktif selama masa kehamilan justru membuat tubuh menjadi tidak bugar dan mempersulit proses persalinan.
Senam khusus ibu hamil dapat menjadi Salah satu upaya untuk membantu mom-to-be menjaga kebugaran dan stamina menjelang hari persalinan. Senam hamil aman dilakukan di berbagai usia kehamilan. Meskipun demikian, disarankan untuk melakukan senam untuk ibu hamil setelah usia kehamilan lebih dari 20 minggu. Hal ini dikarenakan pada 20 minggu pertama kehamilan merupakan tahapan penting pertumbuhan dan perkembangan janin.

SENAM YOGA DAN AEROBIK UNTUK IBU HAMIL

Senam khusus ibu hamil ini terdiri dari 4 tahapan menurut usia kandungan yang dimulai pada usia kehamilan sekitar 22 minggu. Tahap pertama dilakukan pada usia 22 – 25 minggu, tahap kedua 26-30 minggu, tahap ketiga 31-35 minggu, dan tahapan terakhir saat menjelang persalinan yaitu diatas 36 minggu. Dengan mengikuti senam hamil secara rutin ibu hamil dapat meningkatkan kekuatan otot tubuh ketika menghadapi persalinan
Pada umumnya senam hamil kan pula latihan pernafasan saat konstraksi dan saat mengejan. meliputi latihan untuk meningkatkan fleksibilitas kekuatan dan menjaga sistem kardiovaskular dengan metode yang dilakukan untuk melatih otot yang digunakan ketika persalinan normal, seperti otot perut, otot panggul dan otot paha. Pada sebagian kegiatan senam hamil terdapat ditambah.

MANFAAT SENAM HAMIL

Senam untuk ibu hamil membantu mengontrol berat badan, mengurangi kesulitan sulit tidur, serta mengurangi resiko diabetes saat hamil. Bonus yang didapat ketika melakukan senam hamil secara rutin ibu hamil dapat menjaga stamina dengan baik.

Manfaat lain yang didapat dengan melakukan senam hamil secara rutin adalah mengurangi keram kaki, pegal punggung dan pinggang, Dalam beberapa kelas senam hamil ada sesi relaksasi yang akan mengantar Bunda menuju Deep Sleep!!

Untuk mommies yang mengalami kesulitan tidur, Deep Sleep akan sangat bermanfaat.
Penting untuk diketahui oleh Bunda selama menjalani olah raga senam, kondisi di mana senam hamil harus dihentikan, yaitu

  1. Timbul rasa nyeri, terutama nyeri dada, nyeri kepala dan nyeri pada persendian
  2. Kontraksi Rahim yang lebih sering (interval <20 menit)
  3. Pendarahan dan keluar cairan ketuban
  4. Nafas pendek yang berlebihan
  5. Denyut jantung yang meningkat (>140x/menit)
  6. Mual dan muntah yang menetap
  7. Kesulitan jalan Pembengkakan
  8. yang menyeluruh
  9. Aktifitas janin yang berkurang

Banyak manfaat yang bisa diperoleh seorang ibu dengan melakukan senam hamil. Mendukung upaya para ibu dalam mempersiapkan kehadiran buah hati, RKZ Surabaya menyediakan layanan senam untuk ibu hamil setiap Rabu, Jumat, Sabtu, dan Minggu yang dipimpin oleh instruktur bidan terlatih. kunjungi juga sosial media kami untuk mendapatkan info terbaru seputar senam ibu hamil(*)

Comments are closed.