IMUNISASI BAYI UNTUK BUAH HATI

TOXOPLASMOSIS DALAM KEHAMILAN
October 4, 2018
RETINOPATI DIABETES, SKRINING !!!
October 6, 2018

imunisasi bayiImunisasi bayi – Vaksin adalah suatu kata yang sudah akrab terutama dengan telinga pada ibu. Pemerintah Indonesia memang sudah sejak lama mencanangkan beberapa prosedur vaksinasi yang diwajibkan kepada anak, mengingat tingkat penularan dan bahaya penyakit yang diakibatkan. Pemberian vaksin untuk buah hati sehat & ceria diharapkan mengurangi kemungkinan seorang anak terkena penyakit tersebut atau bilaterkena pun akan mengurangi keparahan penyakit yang terjadi.

IMUNISASI BAYI – UNTUK BUAH HATI SEHAT & CERIA

masih banyak pertanyaan yang beredar di masyarakat terkait vaksinasi. Menurut dr. Maria Theresia Bonang, SpA, Spesialis Anak RS Katolik St Vincentius A Paulo (RKZ) Surabaya vaksinasi adalah proses memberikan kekebalan tubuh kepada anak terhadap penyakit tertentu dengan memberikan vaksin terhadap penyakit yang dimaksud.

Dengan pemberian vaksin diharapkan mengurangi kemungkinan seorang anak terkena penyakit tersebut atau bila terkena pun akan mengurangi tingkat keparahan penyakit yang terjadi. “Pasien harus memperhatikan bahwa vaksinasi tidak memberikan perlindungan pada penyakit lain”, jelas dr. There. Cara pemberian vaksinasi dapat melalui mulut ataupun suntikan tergantung dari vaksin apa yang diberikan.

IMUNISASI BAYI – ANJURAN VAKSIN UNTUK BUAH HATI SEHAT & CERIA

Terdapat banyak jenis vaksin untuk buah hati sehat & ceria yang beredar di masyarakat. Lalu vaksin apa saja yang perlu diberikan pada buah hati sehat & ceria?, ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) telah mengeluarkan rekomendasi mengenai macam vaksin yang perlu diberikan beserta jadwal pemberiannya. Secara berkala, para dokter spesialis anak yang tergabung dalam Satgas Imunisasi, mengeluarkan pembaharuan/ update terhadap rekomendasi tersebut. Saat ini yang dipakai adalah rekomendasi IDAI tahun 2014. “Berdasarkan dari penelitian mengenai jadwal dan jenis vaksin yang direkomendasikan oleh IDAI, alangkah baiknya jika pasien mematuhi hal tersebut. Karena jadwal dan vaksin tersebut sudah didasarkan dari penelitian dan diskusi para ahli” Lanjut dokter berkacamata ini.

Ditambahkan oleh dokter lulusan Manila ini, terlepas dari faktor lain yang mempengaruhi, seluruh vaksin untuk buah hati sehat & ceria  yang masuk dalam rekomendasi perlu diberikan mengingat sifat penularan dan bahayanya tiap penyakit. Di negara maju, vaksin lengkap sesuai rekomendasi tersebut telah menjadi salah satu persyaratan agar anak dapat melanjutkan studi. Apabila sudah melampaui tenggat waktu dari jadwal yang ditentukan, vaksinasi tetap dapat dilakukan dengan penyesuaian jadwal pemberian vaksin. “pemberian vaksin yang terlambat atau tidak sesuai dengan jadwal yang telah direkomendasikan dengan dokter spesialis anak setempat”, tegas dr Theresia.

Dari segi efek samping, efek yang paling sering ditemui  pada pemberian vaksinasi adalah nyeri, bengkak, kemerahan di tempat suntikan, serta demam. Namun terjadi atau tidaknya efek samping terhadap vaksinasi akan berbeda pada masing-masing anak. Apabila terjadi efek samping yang telah disebutkan, sebaiknya dikonsultasikan dengan dokter spesialis anak yang memberikan vaksin untuk penanganan lebih lanjut”.

 

Untuk informasi dan layanan vaksin dapat menghubungi

Pondok Sehat RKZ Surabaya

Jl. Diponegoro 51, Surabaya – Telp / WhatApp : 081 97 98 99 00

Comments are closed.