MINERAL UNTUK KESEHATAN, KECANTIKAN DAN STAMINA TUBUH

VIRUS VARICELLA ZOSTER TIMBULKAN CACAR AIR
November 14, 2018
KELAS SEHAT HIPERTENSI
November 19, 2018

MINERAL UNTUK KESEHATAN, KECANTIKAN DAN STAMINA TUBUHSecara umum kebutuhan mineral dalam tubuh sangat sedikit yaitu ± 4% dari total berat badan kita. Walaupun demikian mineral tidak dapat diabaikan begitu saja karena tanpa mineral essential kehidupan kita sulit untuk dipertahankan. Mineral diperlukan tubuh untuk membentuk sebagian struktur tubuh kita dan juga berperan dalam reaksi kimiawi tubuh.

 

KEBUTUHAN MINERAL DALAM TUBUH DAN MANFAATNYA

Ada beberapa macam mineral yang dibutuhkan oleh tubuh diantaranya Kalsium (Ca), Klorida (Cl), Phospor (P), Magnesium (Mg), Natrium (Na), dan Kalium (K). Dan masing-masing memiliki peranan bagi tubuh kita.

FUNGSI DAN AKIBAT BILA KEKURANGAN KALSIUM

Fungsi dari Kalsium dalam tubuh kita, Berperan dalam pembentukan tulang dan gigi, berperan dalam pengaturan detak jantung, otak dan otot, membantuk pembentukan darah dan penurunan tekanan darah, mencegah resiko kanker usus besar,mencegah kerapuhan tulang (osteoporosis). Gejala yang bisa muncul akibat kekurangan kalsium adalah kerapuhan tulang dan penipisan tulang (osteoporosis), kram otot, kram kaki dimalam hari dan tulangmenjadi patah. Konsumsi kalsium perlu ditingkatkan pada masa pertumbuhan, remaja, kehamilan dan menyusui.

Yang diperlukan dalam proses penyerapan Kalsium ialah vitamin C, vitamin D dan Magnesium. Yang harus dihindari selama mengkonsumsi Kalsium ialah kopi, alkohol, dan minuman bersoda (soft drink).
Kekurangan Kalsium akan rentan terjadi bila tubuh kita dalam keadaan stress, karena stress dapat menyebabkan penurunan kadar kalsium dalam tubuh. Oleh karena itu, bila anda sedang stress usahakan untuk mengkonsumsi bahan makanan sumber Kalsium untuk menjaga kondisi tubuh anda.

FUNGSI DAN AKIBAT BILA KEKURANGAN KLORIDA

Fungsi dari mineral Klorida adalah Bersama natrium dan kalium ikut menjaga keseimbangan air didalam tubuh, merangsang proses buang air besar dan merupakan salah satu enzim untuk pencernaan.
Kekurangan mineral klorida jarang sekali terjadi, kalaupun ada dapat menggangu keseimbangan asam basah dalam tubuh.

FUNGSI DAN AKIBAT BILA KEKURANGAN PHOSPOR

Fungsi dari phosphor bagi tubuh adalah berperan penting untuk semua reaksi kimia dalam tubuh serta menyehatkan tulang dan struktur gigi , berperan dalam fungsi otak dan kesehatan ginjal.
Gejala yang ditimbulkan bila kekurangan Phosphor adalah tubuh menjadi lesu, kehilangan nafsu makan, sering marah, dan nyeri tulang. Sebaliknya bila kita kelebihan dalam mengkonsumsi phosphor maka dapat mengacaukan metabolism kalsium sehingga menyebabkan kekurangan kalsium.

FUNGSI DAN AKIBAT BILA KEKURANGAN MAGNESIUM

Fungsi mineral Magnesium bagi tubuh adalah menguatkan dan menyehatkan tulang dan gigi dan berperan dalam mencegah serangan jantung, saraf, otot dan membantu penyerapan mineral yang lain.
Akibat yang ditimbulkan bila kekurangan magnesium adalah menyebabkan rasa Lelah, otot melemah, sindrom pra haid, kram kaki, detak jantung tak teratur dan insomnia. Namun sebaliknya, bila kelebihan Magnesium dapat menimbulkan gangguan sistem saraf.

FUNGSI DAN AKIBAT BILA KEKURANGAN NATRIUM

Fungsi utama dari Natrium bagi tubuh kita adalah bersama dengan Kalium menjaga keseimbangan jumlah air dalam tubuh dan kelancaran keluar masuknya zat-zat ke dalam sel serta membantu fungsi saraf dan otot.
Kekurangan Natrium dapat menyebabkan kram otot, mual – mual dan diare. Sebaliknya bila kelebihan Natrium dapat menyebabkan hipertensi, meningkatkan resiko penyakit kanker, dan meningkatkan kekurangan Kalsium sehingga memancing pengeroposan tulang.

FUNGSI DAN AKIBAT BILA KEKURANGAN NATRIUM

Fungsi utama dari Kalium adalah untuk mengatur air dalam tubuh, mengatur fungsi saraf, otot, dan tekanan darah.
Gejala kekurangan Kalium ditandai dengan tubuh lesu, otot melemah, ritme jantung tak teratur, kegagalan fungsi ginjal dan paru – paru. Sedangkan bila terlalu banyak mengkonsumsi Kalium dapat menyebabkan kelumpuhan otot dan ketidaknormalan denyut jantung. Karakter dari penyerapan Kalium ini akan terganggu oleh Kafein dan Alkohol. Oleh karena itu bila anda mengkonsumsi sumber Kalium sebaiknya menghindari kafein dan alcohol.

SUMBER MINERAL YANG DIPERLUKAN TUBUH

Mineral bisa kita peroleh dari makanan dan minuman yang kita konsumsi. Adapun beberapa bahan makanan yang merupakan sumber mineral, antara lain :
1. Kalsium
Telur, susu dan produk olahannya termasuk keju, yoghurt, tahu, ikan, kerang, ikan teri,         kacang-kacangan dan sayuran.
2. Klorida
Ikan, udang, kerrang, daging, telur, garam, acar dan zaitun masak.
3. Phospor
Ikan, ayam, beras, biji – bijian, telur, kacang tanah, kacang hijau dan produk susu
4. Magnesium
Sayuran berdaun hijau,jagung, apel, kacang – kacangan,beras, ikan dan telur
5. Natirum
Ikan, Udang, kerrang, daging, telur dan garam.
6. Kalium
Buah – buahan terutama pisang, sayuran, kentang, daging dan kacang – kacangan.

 

Untuk Informasi mengenai Mineral untuk Kesehatan dan Stamina Tubuh
Segera Hubungi Ahli Gizi RS Katolik St Vicentius A Paulo (RKZ) Surabaya
Telp – 031-2953 367

Comments are closed.