HYPNOBIRTHING

KELAS IBU HAMIL
February 21, 2019
NUTRISI IBU HAMIL
February 27, 2019

Hypnobirthing rumah sakit RKZ Surabaya

Selfhynosis (Hipnotis diri)  merupakan salah satu teknik dari Hypnobirthing dan Teknik ini dapat membantu calon ibu untuk lebih rileks ketika menjalani persalinan serta mengalihkan perhatian dan pikiran dari rasa sakit saat kontraksi. Perlu sahabat Vita ketahui Hypnobirthing terkenal berkat karya Dr. Grantley Dick-Reid. Menurut Pada beberapa penelitian penggunaan Hypnobirthing pada saat persalinan dapat mengatasi rasa ketakutan yang dialami ibu hamil.

Kenapa pada saat melahirkan terasa sakit?

Jika seorang ibu hamil merasa takut dan berteriak, oksigen dan darah dialihkan dari Rahim. Oksigen untuk bayi juga menjadi berkurang, Karena itu otot – otot menjadi sakit karena menjadi tegang.

Rasa takut yang muncul membuat proses kontraksi dan melahirkan dengan cara melahirkan alami menjadi terganggu. Hal ini dapat kita dibandingkan ketika ibu hamil tetap tenang pada saat datangnya kotraksi,otot rahim menjadi rileks, dan tubuh akan menghasilkan hormon oksitosin dan endorfin yang membantu pada saat melahirkan. Akibat dari munculnya rasa tegang pada saat peralsinan adalah otot – otot pada rahim bekerja kurang baik karena kekurangan darah dan oksigen, membuat proses persalinan menjadi lebih susah dan lebih lama. Pasokan oksigen untuk bayi juga menjadi berkurang. Selain itu, adrenalin juga membuat tubuh berhenti memproduksi hormon oksitrosin yang memudahkan persalinan, dan mengurangi produksi hormon endrolin. Hormon ini membatu ibu merasa lebih baik dan tahan terhadap rasa sakit.

Sifat Hypnobirthing yang didasarkanpada kekuatan sugesti membuat para ahli mengklaim, Hypnobirthing dapat mengurangi rada sakit. Tahapan – tahapan hynobirthing diawali dengan pernafasan, adanya relaksasi yang mendalam, dan menggunakan Teknik Bahasa visualisasi yang digunakan bersamaan dengan kata-kata yang positif.

Bagaimana cara kerja Hypnobirthing?

Hypnobirthing didasarkan pada kekuatan sugesti. Dalam pelaksanaannya Hypnobirthing dapat menggunakan musik, video,  pemikiran dan kata-kata positif. Ini berguna memandu pikiran, membuat tubuh santai, dan mengendalikan nafas saat proses persalinan berlangsung. Hypnobirthing dikatakan berhasil jika pasien sudah dapat menyatu dengan rasa sakit yang ditimbulkan dari kontraksi dan mulai terbiasa. Bukan lagi rasa sakit istilahnya.

Ketika kontraksi muncul sedapat mungkin calon ibu yang akan melakukan persalinan berpikir bahwa konteaksi bukanlah rasa sakit, namun tenaga yang diberikan Tuhan kepada seluruh ibu yang akan melahirkan. Karena jika ibu menangis dan berteriak, bayi didalam rahimnya pasti berpikir kenapa ibuku menangis setiap kali saya mau membuka “pintu” (proses kontraksi).

Akan berbeda jika ibu berpikir kalau itu tenaga yang diberikan Tuhan untuk membuka “pintu”, si bayi pasti tahu apa yang harus dilakukan.

Selain sugesti, pasien dapat diberikan tentang gambaran kontraksi. Yaitu dimana kontraksi akan muncul perlahan sampai menyentuh titik yang paling sakit dan akan menjadi semakin sakit jika ibu berteriak dan menangis. Tindakan yang harus dilakukan adalah tetap tenang dan membahayakan bayi yang didalam rahimnya. Rasa sakit yang ditimbulkan kontraksi akan hilang dalam 1 menit.

Setiap pasien ibu melahirkan memiliki tingkat pemikiran yang berbeda. Beberapa ibu yang memakai teknik hypnobirthing hanya sedikit saja diberi sugesti seketika memasuki alam bawah sadar dan ada juga pasien yang lama untuk masuk alam bawah sadar.

Manfaat Apa saja yang didapat saat melakukan Hypnobirthing?

Hypnobirthing memberikan kenyamanan, merasa tenang dan bantuan selama persalinan, mengurangi stres dan ketakutan saat melahirkan. Selain itu memungkinkan calon ibu untuk tetap waspada dan terjaga selama persalinan, sakit saat persalinan berkurang atau bahkan tidak merasakan apapun. Juga memperpendek waktu tinggal di rumah sakit usai melahirkan.

Harapannya disetiap rumah sakit khususnya di kota Surabaya, tenaga medis yang terlibat selama persalinan memiliki kemampuan untuk melakukan teknik hypnobirthing. Banyak manfaat yang dapat dirasakan ketika hypnobirthing dilakukan sebelum melahirkan.. Layaknya di RS Katolik St Vincentius A Paulo (RKZ) Surabaya yang sebagian besar dokter dan bidannya memiliki kemampuan untuk melakukan teknik Hypnobirthing pada saat proses persalinan.

Tertarik dengan metode ini? silakan hubungi petugas Pondok Sehat kami di 08197989900

Comments are closed.