PEMENUHAN GIZI LANSIA, PERHATIKAN!

NYERI PINGGANG DAN TINDAKAN PENCEGAHAN
October 19, 2018
MENCUCI TANGAN CEGAH TERTULAR KUMAN
October 23, 2018

Batasan usia berapa sebenarnya dapat dikatakan tergolPEMENUHAN GIZI LANSIA, PERHATIKAN!ong usia lanjut/lansia?
Lansia adalah mereka yang telah berusia 65 tahun keatas. Di Indonesia, menurut M. Alwi Dahlan menyatakan bahwa orang dikatakan lansia jika telah berumur diatas 60 th. Jika mengacu pada usia pensiun, lansia ialah mereka yang telah berusia diatas 56 th.

 

PEMENUHAN GIZI LANSIA HARUS DIPERHATIKAN

Disamping itu ada lansia yang mampu mengurus kebutuhannya sendiri, tetapi juga ada beberapa orang usia lanjut yang membutuhkan bantuan orang lain untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Menciptakan pola makan yang baik, untuk kemudian bersahabat dengannya. Ciptakan suasana yang menyenangkan di meja makan dengan cara membuat makanan semenarik mungkin sehingga menimbulkan selera makan. Jika perlu, ajak keluarga untuk makan bersama.

Memperkuat daya tahan tubuh. Karena itu, makanlah makanan yang mengandung zat gizi yang penting untuk kekebalan tubuh, seperti vitamin E, B, dan Zn. Contoh bahan makanan yang mengandung zat gizi tersebut adalah biji-bijian utuh, sayuran berdaun hijau, seafood, daging tidak berlemak, margarin atau minyak tumbuhan (minyak jagung, dsb ).

 

SUMBER GIZI YANG HARUS DIPENUHI LANSIA

Memastikan agar saluran cerna tetap sehat, aktif dan teratur, maka dianjurkan sedikitnya mengkonsumsi 20gr makanan yang tinggi serat. Makanan yang kaya akan serat adalah biji-bijian, jeruk, sayuran berdaun hijau tua.

Menyelamatkan penglihatan dan mencegah terjadinya katarak, dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan sumber vitamin C, E dan beta karoten sebagai antioksidan. Makanan yang kaya akan zat gizi tersebut antara lain: sayuran yang berwarna hijau, jeruk, pepaya, wortel, dsb

Mengurangi resiko penyakit jantung, yaitu dengan ,membatasi makanan berlemak yang mengandung kolesterol dan natrium. Dianjurkan juga untuk mengkonsumsi sumber makanan yang kaya akan vitamin B6, B12, serat yang larut air, kalsium dan kalium. Biji-bijian, oats, produk olahan susu tanpa lemak, kacang kering, daging tidak berlemak, buah, termasuk nanas dan sayuran lainnya.

Agar daya ingat tetap baik di usia lanjut, maka konsumsilah makanan yang kaya akan vitamin B6, B12 dan asam folat. Zat gizi tersebut dapat kita peroleh dari biji-bijian, sayuran hijau, asparagus, stoberi, jeruk, dsb.

Mempertahankan berat badan ideal, dengan jalan tetap aktif secara fisik, makan makanan rendah lemak dan kaya akan mengurangi asupan karbohidrat sederhana seperti, gula pasir, madu, sirup. Menjaga agar nafsu makan tetap baik dan otot tetap lentur, dengan jalan melakukan olahraga ( bisa berjalan atau berenang ) disertai dengan kegiatan harian yang sederhana.

 

Untuk Informasi mengenai Sumber Gizi Usia Lanjut
Segera Hubungi Ahli Gizi RS Katolik St Vicentius A Paulo (RKZ) Surabaya
Telp – 031-2953 367

Comments are closed.