Pentingnya Mengenal Beyond Use Date Sediaan Obat

Terapi Sodium Bicarbonate Intravena Pada Asidosis Metabolik
March 9, 2022
Penggunaan Antibiotik Rasional
April 8, 2022

Beyond use date (BUD) merupakan batas waktu penggunaan obat setelah pertama kali dibuka dari kemasan asli atau setelah peracikan. Yuk, kenali BUD masing-masing sediaan obat untuk menjamin keamanan dan efektivitasnya.

Pengertian Beyond Use Date

Beyond use date (BUD) adalah tanggal ketika sediaan obat yang telah dibuka dari kemasan asli sudah tidak boleh digunakan kembali. Apabila kemasan primer belum dibuka, maka obat masih dapat digunakan sampai tanggal kedaluwarsa atau expired date yang tertera.

Perbedaan Beyond Use Date dengan Expired Date

Expired Date (ED)Beyond Use Date
Batas waktu jaminan produsen terhadap kualitas produk. Berlaku ketika kemasan primer belum dibuka.Batas waktu penggunaan produk setelah kemasan primer dibuka untuk pertama kalinya.
Informasi ED tersedia pada kemasan obat.Informasi BUD tidak selalu tersedia pada kemasan atau brosur obat.

Manfaat Mengetahui Beyond Use Date

Meminimalkan kemungkinan risiko kepada pasien, akibat penggunaan obat yang sudah rusak, tidak efektif atau terkontaminasi.  

Contoh Sediaan Obat yang Perlu Penetapan BUD

  • Obat racikan, seperti kapsul dan puyer
  • Obat yang dikemas ulang
  • Obat pabrik dengan wadah multidose, yaitu penggunaan obat berkali-kali menggunakan wadah yang sama.

Cara Menentukan Beyond Use Date

Langkah pertama yang dapat dilakukan adalah mengecek informasi pada kemasan atau brosur obat terlebih dahulu. Apabila tidak tersedia, maka Anda dapat mengacu pada ketentuan berikut.

Penting! Pastikan untuk selalu menulis tanggal ketika pertama kali membuka suatu sediaan obat.

Sediaan Pabrik (Tanpa Peracikan)

Sirup Kering

Merupakan obat serbuk yang ketika akan digunakan harus dilarutkan atau direkonstitusi terlebih dahulu dengan air, contoh sirup kering antibiotik. Informasi BUD sirup kering tersedia pada masing-masing produk obat, biasanya berkisar antara 7 hingga 14 hari.

Sirup Non-Rekonstitusi

Tiga bulan sejak tanggal kemasan dibuka untuk pertama kalinya.

Tablet dan Kapsul

Apabila tablet atau kapsul dalam kemasan blister, maka obat dapat disimpan hingga mencapai waktu kedaluwarsa sesuai dengan anjuran pabrik. Namun, apabila obat dikemas ulang atau dipindahkan dari kemasan aslinya, maka obat hanya dapat digunakan 6 bulan sejak obat dikemas ulang.

Krim atau Salep

BUD krim atau salep pada kemasan tube atau pot adalah 3 bulan sejak pertama kali dibuka.

Obat Tetes

Tetes mata multidose, salep mata, tetes telinga dan tetes hidung merupakan sediaan obat steril, sehingga untuk menghindari risiko kontaminasi hanya dapat digunakan 28 hari sejak kemasan dibuka.

Berbeda dengan obat tetes mata multidose, obat tetes mata minidose, hanya dapat bertahan selama 72 jam setelah dibuka.

Insulin

Insulin yang telah dibuka dapat digunakan selama 4 minggu, disimpan pada suhu ruang. Sedangkan apabila belum dibuka, insulin disimpan di kulkas pada suhu 2-8°C (tidak boleh beku) hingga tanggal kedaluwarsa.

Obat Racikan

Tidak jarang kita menemui obat racikan yang dibuat oleh apotek atau rumah sakit. Obat racikan dapat berbentuk kapsul, puyer atau krim. Penetapan BUD untuk sediaan racikan biasanya lebih sulit karena terdiri dari beberapa produk obat yang dicampur. Informasi BUD ditetapkan oleh peracik obat.

Petunjuk Umum Penetapan Beyond Use Date Obat Racikan Non Steril Berdasarkan USP

Jenis FormulasiInformasi BUDContoh
Larutan tanpa bahan pengawet14 hariaEmulsi, gel, krim, larutan, spray, suspensi
Larutan dengan bahan pengawet35 haribEmulsi, gel, krim, larutan, spray, suspensi
Bentuk sediaan yang tidak mengandung air90 haribSupositoria, salep, minyak, wax
Bentuk sediaan padat180 haribKapsul, tablet, granul, serbuk

Keterangan:

a Penyimpanan di lemari pendingin

b Penyimpanan di suhu ruang atau lemari pendingin

Selain berdasarkan BUD, Anda juga harus memperhatikan kondisi fisik obat. Apabila terjadi perubahan bentuk, warna, bau atau tanda-tanda kerusakan lain, maka obat sudah tidak dapat digunakan kembali, meskipun masih belum melewati BUD.

Kondisi penyimpanan akan mempengaruhi stabilitas obat. Simpan obat-obatan pada suhu ruang <25°C, terhindar dari kelembapan dan paparan cahaya matahari langsung. Jangan lupa juga untuk selalu mencatat tanggal ketika Anda membuka suatu sediaan obat.

Pustaka

Badan Pengawas Obat dan Makanan. Materi Edukasi Tentang Peduli Obat dan Pangan Aman. 2015. Available at https://www.pom.go.id/files/2016/cdew.pdf

Expiry Date Guidelines for Medications. 2017. Available at https://westessexccg.nhs.uk/your-health/medicines-optimisation-and-pharmacy/care-homes/for-care-homes/medication/138-expiry-date-guidelines-for-medication/file

United States Pharmacopeia. USP Compounding Standards and Beyond-Use Dates (BUDs). 2019. Available at https://www.uspnf.com/sites/default/files/usp_pdf/EN/USPNF/revisions/gc-795-postponement-rb-notice-20191122.pdf

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *