Pneumatic Compression Bantu Kurangi Kaki dan Lengan Bengkak

Tuberculosis: Kenali Penyakitnya, Cegah, dan Obati sampai Tuntas
May 6, 2023
Drug Induced Thrombocytopenia
June 26, 2023

Pneumatic Compression dari Rehabilitasi Medik RKZ Surabaya.

Permasalahan bengkak pada lengan dan kaki sering kita jumpai pada lingkungan sekitar kita yang dapat mengganggu aktivitas sehari-hari karena dapat mengakibatkan rasa nyeri dan keterbatasan gerak tangan dan kaki. Meskipun gejala yang ditimbulkan akibat bengkak ini hampir sama, namun penyebab bengkak ini dapat bermacam-macam. Bengkak dapat disebabkan kerena lymphedema pasca mastectomy atau operasi pengangkatan kanker payudara sehingga mengakibatkan bengkak pada lengan pada sisi yang dioperasi. Selain itu pada kondisi pasca operasi tulang atau persendian tungkai juga dapat mengakibatkan bengkak karena adanya peradangan dan terganggunya peredaran darah.

MLDV dan Pneumatic Compression

Pemberian obat-obatan dapat digunakan untuk mengurangi gejala bengkak dan nyeri karena hal tersebut. Selain itu ada beberapa tindakan yang dapat diberikan untuk membantu penurunan bengkak dan mempercepat proses pemulihan. Tindakan Fisioterapi yang dapat digunakan untuk membantu menurunkan bengkak adalah Manual Lymph Drainage Vodder (MLDV) dan penggunaan pneumatic compression.

MLDV merupakan suatu massage dengan teknik tertentu yang berfungsi selain menurunkan bengkak karena juga dapat meningkatkan sirkulasi darah dan memberikan rileksasi serta membantu memperbaiki regenerasi sel. Sedangkan pemberian tindakan dengan alat  pneumatic compression dapat bermanfaat semakin mengoptimalkan proses penurunan bengkak. Selain itu penggunaan pneumatic compression dapat dimanfaatkan sebagai tindakan pencegahan timbulnya Deep Vein Thrombosis (DVT) pada kasus pasca operasi ataupun pada pasien dengan tirah baring lama di Rumah Sakit.

Bio Compression merupakan salah satu merk dari pneumatic compression yang digunakan dalam pelayanan fisioterapi di RKZ Surabaya. Bio Compression dapat digunakan dengan hasil yang efektif dengan pengaturan tekanan yang disesuai dengan standar dosimetri. Pada kasus lymphedema pasca mastectomy, alat ini digunakan bersama Manual Lymph Drainage Vodder (MLDV) agar hasilnya lebih optimal. Sedangkan penggunaan Bio Compression pada kasus pasca operasi dapat diberikan segera setelah operasi. Hal ini bertujuan untuk mencegah terjadinya penggumpalan darah setelah operasi beresiko menimbulkan penyumbatan pada otak, jantung ataupun paru-paru dan dapat membahayakan keselamatan pasien.

Bio Compression merupakan alat yang aman dan minimal efek samping meskipun digunakan dalam waktu panjang. Karena dalam aplikasinya dilakukan sesuai dengan Standar Prosedur Operasional (SPO) termasuk dosimetri yang telah melalui penelitian. Sehingga pasien akan memperoleh hasil yang optimal sesuai dengan kondisinya tanpa rasa nyeri selama pemberian alat ini serta aman dari efek samping yang membahayakan meskipun digunakan dalam waktu yang lama.

Info Layanan dan Tindakan

Tindakan MLDV dan pneumatic compression bisa dilayani di Unit Rehabilitasi Medik RKZ Surabaya yang berlokasi di Gedung Santo Yosef lantai 3, jalan Ciliwung nomor 26 Surabaya. Sahabat Vita bisa mendapatkan informasi lebih lanjut terkait layanan dan tindakan ini melalui pesan whatsapp di nomor whatsapp Rehabilitasi Medik (chat only).

Temukan informasi layanan fisioterapi RKZ Surabaya di sini.

Penulis: dr Erwin Sugiarto – RKZ Surabaya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *