AYO SEHAT : AKUPUNKTUR MEDIS – MENGATASI NYERI, PENYAKIT KRONIS HINGGA ESTETIKA

AKUPUNKTUR RKZ SURABAYAAkupunktur adalah metode penusukan jarum pada titik-titik akupunktur tertentu untuk merangsang tubuh melakukan penyembuhan alamiah (self-healing) dan untuk meningkatkan fungsi organ tubuh.Metode ini dapat dilakukan dengan menambah pemanasan atau elektrostimulator. Di Indonesia akupunktur juga dikenal dengan nama ‘tusuk jarum.’

Ilmu akupunktur kuno menjelaskan bahwa ada sistem energi di dalam tubuh manusia yang berjalan di dalam saluran yang disebut MERIDIAN.Energi yang berjalan di dalam sistem meridian ini berjalan seperti sungai yang mengalir ke seluruh bagian tubuh untuk memberi nutrisi ke setiap jaringan.

Bila terjadi sumbatan pada saluran energi ini, maka akan terjadi bendungan di tempat tersebut. Sumbatan dapat terjadi karena stress, diet yang salah, perubahan cuaca, gaya hidup yang salah dsb. Meridian dapat dipengaruhi dengan menusukkan jarum pada titik akupunktur untuk melancarkan sumbatannya sehingga aliran energi di meridian kembali lancar.

Ilmu Kedokteran modern menjelaskan bahwa ada beberapa cara bagaimana akupunktur itu bekerja.Pertama, dengan mengembalikan kelistrikan tubuh menjadi normal. Kedua, penusukkan jarum di titik akupunktur dapat merangsang sistem syaraf untuk menyampaikan signal ke otak sehingga otak melepaskan zat-zat kimia tertentu. Zat-zat kimia ini dapat mengurangi rasa nyeri, atau memicu pelepasan hormon dan zat-zat kimia yang lain yang berfungsi memperbaiki fungsi fisiologis tubuh.

Meningkatnya energi dan keseimbangan biokimia yang dihasilkan oleh akupunktur tersebut akan merangsang proses self-healing tubuh (penyembuhan diri sendiri) dan meningkatkan kesehatan fisik dan emosional.

AKUPUNKTUR MEDIS

Akupunktur adalah seni pengobatan kuno dan ada banyak pendekatan untuk mempelajari dan mempraktekkannya. Akupunktur Medis adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan akupunktur yang dilakukan oleh dokter yang sudah menempuh pendidikan dokter dan juga telah menempuh pendidikan akupunktur serta mengambil akupunktur sebagai spesialisasi prakteknya. Di dalam menerapi penyakit, dokter tersebut dapat melakukan pendekatan tunggal atau kombinasi sesuai dengan kebutuhannya.

Sejalan dengan itu, RKZ Surabaya menyediakan layanan AKUPUNTUR MEDIS sebagai salah satu pelengkap. Baik sebagai terapi tunggal atau terapi komplementer pada berbagai macam kasus. Contohnya pada kasus stroke, Akupuntur dapat bersinergi dengan bagian Neurologi maupun Rehabilitasi Medik untuk menghasilkan terapi yang maksimal.

Selain itu, ada beberapa kasus yang memang lebih efektif dengan Akupuntur dibandingkan dengan kedokteran konvensional, misalnya kasus alergi, dst.

WHO telah mengenali manfaat akupunktur untuk berbagai macam kasus medis, seperti:

  1. Penyakit pencernaan: Gastritis, tukak lambung dan usus, konstipasi, diare.
  2. Penyakit pernafasan: Sinusitis, nyeri tenggorokan, bronkitis, asma, influenza.
  3. Penyakit syaraf, otot dan tulang: sakit kepala, Bell’s palsy, tic’s facialis, stroke, kesemutan, nyeri leher, nyeri bahu, nyeri pinggang, nyeri sendi, osteoporosis, frozen shoulder, tennis elbow, kelelahan kronis.
  4. Penyakit Ginjal dan Saluran Kencing: Infeksi saluran kencing, gangguan kencing (anyang-anyangan, menetes, nyeri), enuresis (ngompol), impotensi, infertilitas
  5. Penyakit Ginekologis (Kewanitaan): Gangguan haid (nyeri haid, haid tidak teratur, tidak haid), keputihan, gangguan menopause, infertilitas.
  6. Gangguan Hormonal: Diabetes Mellitus, obesitas,endometriosis.
  7. Gangguan Psikologis: Depresi, anxiety, insomnia (gangguan tidur), gangguan emosi, kecanduan.

Lihat jadwal klinik Akupuntur kami DISINI.

About the author: brian