NYERI PINGGANG DAN TINDAKAN PENCEGAHAN

FROZEN SHOULDER MENYERANG SIAPA SAJA
October 17, 2018
PEMENUHAN GIZI LANSIA, PERHATIKAN!
October 20, 2018

NYERI PINGGANG DAN TINDAKAN PENCEGAHANNyeri pinggang merupakan rasa nyeri yang muncul pada bagian pinggang, hal ini dapat didefinisikan juga sebagai nyeri ringan sampai nyeri berat atau rasa tidak nyaman di daerah punggung bawah, rasa nyeri dapat bersifat akut / mendadak maupun kronis.

Nyeri pinggang akut adalah kondisi ketika rasa nyeri yang muncul secara tiba – tiba untuk kali pertama. Nyeri pinggang kronis adalah nyeri pinggang yang terjadi selama enam bulan atau lebih, dapat terjadi secara berkelanjutan atau bersifat kambuhan.

Penyebab Timbulnya Nyeri Pinggang

Penyebab umum dari nyeri pinggang adalah oleh karena cidera otot (strain) atau cidera ligament (sprain). Dapat pula disebabakan dari cidera yang lebih serius seperti patah tulang belakang, anthritis, dan perubahan yang berkaitan dengan usia. Selain nyeri pinggang juga dapat disebabkan oleh :

  1. Sikap tubuh yang jelek (bad posture) yang terakumulasi selama bertahun-tahun
  2. Kebiasaan melakukan aktivitas yang salah (faulthy body mechanic)
  3. Hidup yang penuh stress (stressfull living)
  4. Aktivitas setiap hari yang monoton : sekretaris yang aktivitasnya banyak didepan komputer setiap hari.
  5. Berkurangnya kelenturan tubuh (lost of flexibility)
  6. Kemunduran kemampuan fisik (general lack of physical fitness)
  7. Kecelakaan (accident, traumatic)
  8. Kanker, atau penyakit dalam lainya.

Kemungkinan lain yang dirasakan penderita nyeri pinggang dapat berupa sebagai berikut :

  1. HNP – Merupakan penonjolan inti dari diskus yang menjadi bantalan tulang belakang sehingga penonjolan tersebut dapat menekan saraf yang akan mengakibatkan rasa nyeri, kesemutan dan  kelemahan pada anggota gerak yang dipersarafi.
  2. Osteoporosis – Merupakan penyakit tulang ang mempunyai sifat-sifat yang khas berupa massa tulang yang rendah, disertai mikro arsitektur tulang dan penurunan kualitas jaringantulangyang akhirnya dapat menimbulkan kerapuhan tulang.
  3. Skoliosis – Skoliosis (pembengkokan tulang belakang kearah samping) , lordosis (tulang belakang terlalu bongkok ke depan), kifosis (tuang belakang terlalu bengkok depan).
  4. Spondylosis – Merupakan sejenin penyakit rematik yang menyerang tulang belakang yang disebabkan oleh proses degenerasi sehingga menggangu fungsi dan struktur tulang belakang.
  5. Spondylolisthesis – Merupakan suatu kondisi dimana salah satu ulang dari tulang belakang bergeser dari tempat vertebra di bawahnya. Jika pergeserannya terlalu besar dapat menekan saraf yang berada disekitanya.

Gejala nyeri umum dapat berupa :

  1. Gejala nyeri punggung yang terkadang sampai ke pantat, bagian belakang paha atau pangkal paha. Rasa sakit biasanya lebih meningkat pada gerakan tertentu.
  2. Keterbatasan gerak tulang belakang, terutama membungkuk ke depan dan berandar.
  3. Ketegangan otot-otot sekitar tulang belakang.
  4. Rasa sakit yang kadang disertai dengan rasa kesemutan atau mati rasa pada tungkai.

Tindakan – Tindakan untuk mencegah Nyeri Pinggang

Nyeri Pinggang bukan tidak dapat diatasi oleh penderitanya, berikut beberapa tindakan yang dapat meredakan nyeri pada pinggang

  1. Duduklah secara benar terutama saat bekerja, jangan duduk terlalu melengkung jangan membungkuk, dan jangan duduk lama tanpa interupsi/istirahat.
  2.  Perthatikan posisi tidur (walaupun tidak ada cara posisi tidur yang baku), angan tidur pada matras yang terlalu empuk karena akan memberikan lengkung berlebih pada punggung, jangan tidur dalam satu posisi terlalu lama karena akan memberikan strain pada otot terutama bila tidur lebih dari 7-9 jam,pilihlah alas tidur yang cukup empuknya tidak terlalu keras tai cukup untukmenyangga lengkung tulang belakang.
  3.  Posisi berdiri, keseimbangan yang bagus merupakan kunci berdiri yang sehat, jangan memakai epatu hak tinggi dan keras atau hak datar pada pemakaian yang lama,jangan berdiri pada suatu posisi untuk waktu yang lama, sering rubah posisi jika berdiri untuk waktu yang lama terutama saat menyetrika atau menggambar sambal berdiri, taruh satu kaki diatas kursi kecil dan ganti posisi secara regular.
  4. Perhatikan body mekanik / sikap tubuh untuk cara mengangkat, membawa, dan meraih yang benar
  5. Lakukan latihan terutama penguatan otot perut, peningkatan kelenturan, latihan otot punggung.

 

 

Bila membutuhkan informasi lebih lanjut mengenai fisioterapi khususnya tentang nyeri pinggang,
langsung hubungi Unit Rehabilitasi Medis RS Katolik St Vincentius A Paulo Surabaya
Atau telepon ke (031)2952-361 / Whatsapp 0822-9-8888-361

Comments are closed.