HEPATITIS A: BISA DICEGAH!

HOSPITAL TOUR – HAPPY FUN DAY
June 28, 2019
WASPADA, INFLUENZA MENYERANG DENGAN DIAM-DIAM!
July 16, 2019

Hepatitis A, Apa Itu?

Hepatitis A merupakan kondisi dimana terjadi peradangan dalam hati yang membuat fungsi hati terganggu. Fungsi hati seperti, menghasilkan cairan empedu, menyimpan dan memproduksi energi, membersihkan darah dari senyawa berbahaya, memproduksi senyawa asam folat, vitamin, dan faktor pembekuan darah.

APA TANDANYA SESEORANG TERINVEKSI?
Seseorang terinfeksi biasanya akan mengalami gejala seperti demam, mudah lemas, mengalami masalah pencernaan, mata dan kulit berwarna kuning, urin berwarna gelap, dan tinja berwarna pucat. Pada umumnya gejala ini muncul 15-50 hari dengan rata-rata 1 bulan setelah terinfeksi.

Penularan

BAGAIMANA PENYEBARAN VIRUS INI?
Virus biasanya menular dari kotoran atau feses penderita yang kemudian mengkontaminasi makanan atau minuman. Makanan atau minuman yang terinfeksi kemudian secara tidak sengaja dikonsumsi.

BAGAIMANA CARANYA KITA TAHU TERINFEKSI ATAU TIDAK?
Untuk mengetahui apakah kita ternfeksi, perlu dilakukan pemeriksaan laboratorium. Secara sesifik pemeriksaan yang dilakukan diantaranya pemeriksaan Anti-HAV dan SGOT-SGPT (enzim fungsi hati). Apabila terinfeksi, maka hasil Anti HAV akan positif dan nilainya SGOT-SGPT akan meningkat.

Pengobatan dan Pencegahan Hepatitis A

Penderita yang terinfeksi biasanya akan diberikan obat untuk menghilangkan gejala karena tidak ada obat khusus untuk menyembuhkan hepatitis A. Istirahat yang cukup juga diperlukan untuk mempercepat proses penyebuhan. Termasuk konsumsi makanan yang bergizi dan bersih. Hindari konsumsi makanan yang memperberat fungsi hati, seperti makanan berlemak tinggu dan minuman beralkohol.

BAGAIMANA MENCEGAHNYA?
Virus hep A dapat dihindari dan dicegah dengan cara; menggunakan air bersih, membiasakan diri untuk selalu mencuci tangan dengan sabun, makan makanan yang sehat & bersih, hindari makanan mentah, dan lakukan vaksinasi Hep A.

Vaksin Hepatitis A

Terdapat vaksin khusus untuk mencegah penyakit Hepatitis A. Vaksin tersebut dianjurkan bagi wisatawan yang akan pergi ke negara endemik, orang yang sering kontak dengan penderita juga disarankan untuk melakukan vaksin agar tidak tertular. Vaksinasi dapat dilakukan dengan usia minimal 24 bulan dan dewasa. Vaksin diberikan dalam 2 dosis dengan selang waktu 6-12 bulan.

Tidak perlu takut dan khawatir apabila Anda ingin berjumpa dengan penderita Hepatitis A, karena virus ini tidak akan menular melalui kontak biasa seperti bersalaman ataupun berpelukan.

Info lebih lanjut tentang vaksin Hep A & Vaksin lain Pondok Sehat

Comments are closed.