CBCT: Akurat, Cepat, Radiasi Rendah

RKZ Surabaya: Tahu Stunting & Wasting itu Penting
December 7, 2022
Waspadai Bencana dan Ancaman Kejahatan, RKZ Surabaya Gelar Simulasi 6 Kode Kegawatan RS
December 14, 2022

Cone Beam Computed Tomography, Alat Radiologi Gigi Bantu Diagnostik di RKZ Surabaya

Cone Beam Computed Tomography merupakan teknik pencitraan dengan sinar X dengan prinsip 3 dimensi untuk penggambaran struktur tulang dan gigi. CBCT sangat membantu dokter gigi umum maupun spesialis karena hampir semua kasus di kedokteran gigi bisa didiagnosa dengan alat ini. Namun disesuaikan dengan indikasi dan pertimbangan dari dokter.

Beberapa pemeriksaan yang bisa dilakukan dengan menggunakan CBCT diantaranya untuk kasus trauma yang melibatkan dentofasial, menentukan lokasi gigi yang belum erupsi, gigi impaksi, kasus celah pada langit-langit mulut, hingga mendeteksi keganasan dan kista pada rongga mulut.

Memperagakan: drg Irene Adelia, Sp. Perio mendampingi pasien melakukan pemeriksaan dengan CBCT di Klinik Gigi dan Mulut RKZ Surabaya.
Memperagakan:seorang dokter gigi mendampingi pasien melakukan pemeriksaan dengan CBCT di Klinik Gigi dan Mulut RKZ Surabaya.

Pada pemasangan implan gigi, CBCT sangat membantu untuk mengukur densitas tulang, menentukan posisi struktur vital pada rahang, sehingga membantu dokter dalam menentukan posisi implan yang tepat. Gambaran yang dihasilkan juga tidak saling tumpang tindih seperti pada radiografi gigi 2 dimensi, sehingga sangat membantu dalam pemeriksaan penunjang.

Keuntungan Pemeriksaan

Berbeda dengan alat radiologi gigi generasi sebelumnya yang sebatas 2 dimensi, hasil gambaran CBCT lebih akurat dan minimal distorsi, sehingga dapat memberikan informasi seperti bentuk dan ukuran yang sama dengan objek yang dicitrakan. Selain dari akurasi gambar yang dihasilkan, keuntungan pemeriksaan lainnya yaitu proses pemindaian yang lebih cepat, resolusi yang sangat baik. Dibandingkan dengan pemeriksaan yang perlu dilakukan dengan CT Scan, dosis radiasi CBCT lebih rendah.

Pemeriksaan radiografi serimg digunakan juga dalam ranah kedokteran gigi. Radiografi memiliki berbagai kegunaan dalam praktik kedokteran gigi yaitu: membantu menegakkan diagnosis, menetapkan rencana perawatan, sebagai prosedur perawatan, dan mengevaluasi perawatan yang telah dilakukan. Radiografi harus memberikan gambaran dengan kualitas resolusi tinggi dan detail yang rinci supaya perawatan yang diberikan dapat optimal.  Perkembangan selama beberapa tahun terakhir menghasilkan gambaran radiografi yang akurat dan memiliki kualitas citra radiografi yang baik.

Pemeriksaan dengan Cone Beam Computed Tomography saat ini bisa dilayani di Klinik Gigi dan Mulut RS Katolik St Vincentius a Paulo (RKZ) Surabaya di Jalan Ciliwung nomor 26. Dapat menerima rujukan tindakan dari dalam maupun luar rumah sakit.

Info lebih lanjut terkait layanan ini Anda dapat menghubungi petugas di nomor: wa.me/6281916005050

Informasi jadwal praktik klik: Jadwal Dokter Gigi umum dan Dokter Gigi Spesialis RKZ Surabaya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *