Waspadai Bencana dan Ancaman Kejahatan, RKZ Surabaya Gelar Simulasi 6 Kode Kegawatan RS

Dokter gigi mendampingi pasien melakukan pemeriksaan dengan CBCT di Klinik Gigi dan Mulut RKZ Surabaya.
CBCT: Akurat, Cepat, Radiasi Rendah
December 12, 2022
LUBANG GIGI HARUS DIAPAIN YA?
December 19, 2022

Dengan banyaknya berita bencana dan ancaman kejahatan yang terjadi akhir-akhir ini, RS Katolik St Vincentius a Paulo (RKZ) Surabaya gelar simulasi 6 kode darurat rumah sakit yang rencananya dilaksanakan pada Sabtu, 10 Desember 2022. Kegiatan yang melibatkan banyak profesi dan dilakukan di beberapa unit kerja ini akan dimulai sekitar pukul 10 pagi. Berbeda dari tahun lalu, guna mempermudah evaluasi, tahun ini dilakukan secara hybrid.

Skenario Simulasi

Sekenario dimulai dengan seorang pengunjung yang berniat melukai petugas Dan mengancam akan meledakkan diri, kejadian terekskalasi menjadi kebakaran sehingga perlu mengevakuasikan sebagian gedung. Akibat jumlah korban yang melampaui kapasitas IGD,Maka RS dinyatakan berada dalam kondisi tanggap darurat musibah massal. Kondisi ini ditetapkan agar setiap civitas hospitalia siaga menanggapi kebutuhan penanganan korban di IGD. Selain itu, Keperawatan juga mensimulasikan penanganan pasien henti jantung pada saat korban ditransportasikan dari titik kumpul menuju IGD.”

Menurut Anastasia Nimas, M.KKK, Ketua Tim Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) RKZ Surabaya, dari sekenario, keseluruhan kegiatan dilakukan di area Gedung Santo Yosef jalan Ciliwung, area lobby utama Gedung Vincentius dan IGD jalan Diponegoro. Melibatkan dokter, perawat, petugas keamanan, Direksi, dan karyawan direktorat umum.

simulasi musibah massal RKZ Surabaya
Petugas mengevakuasi korban peledakan dalam simulasi 6 kode darurat RKZ Surabaya

“Yang dievaluasi dari simulasi ini lebih ketat dibanding tahun sebelumnya yang sekedar memenuhi time respon minimal 4 menit, yakni keseuaian langkah dan tindakan yang dilakukan petugas dengan prosedur yang telah disusun.”, jelas Nimas. Bisa dibilang, RKZ Surabaya paling sering dan rutin dalam melakukan simulasi beberapa kode kegawatan rumah sakit. “Meski tidak diharapkan terjadi, hal ini untuk memastikan bahwa prosedur yang telah disusun dan diberlakukan memang benar efektif mengantisipasi keadaan darurat yang terjadi di area RS,” lanjut Nimas.

Dengan karyawan yang terlatih dan selalu siap dalam kondisi apapun, tentu membuat pasien dan pengunjung RKZ Surabaya menjadi merasa aman saat melakukan pemeriksaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *