Keamanan Obat Pada Ibu Hamil

Cedera Ginjal Akut akibat Obat
August 22, 2023
Cedera Hati (Hepatitis) Akibat Obat
October 9, 2023

Penggunaan obat selama kehamilan sering menjadi dilema. Di satu sisi, ibu hamil mungkin membutuhkan obat untuk mengobati penyakit yang muncul selama kehamilan atau penyakit yang sudah diderita sebelum hamil. Namun, di sisi lain muncul kekhawatiran bahwa obat yang digunakan bisa membahayakan janin sehingga penggunaan obat selama kehamilan perlu dilakukan dengan hati-hati.

Penggunaan obat selama kehamilan sering menjadi dilema. Di satu sisi, ibu hamil mungkin membutuhkan obat untuk mengobati penyakit yang muncul selama kehamilan atau penyakit yang sudah diderita sebelum hamil. Namun, di sisi lain muncul kekhawatiran bahwa obat yang digunakan bisa membahayakan janin.

Penggunaan obat yang tidak aman dapat menyebabkan cacat lahir (teratogenesis) (trimester pertama) dan dapat meracuni bayi melalui plasenta (trimester kedua dan ketiga). Penggunaan obat selama kehamilan perlu dilakukan dengan hati-hati untuk menjaga kesehatan dan keselamatan ibu dan janin.

Alur Obat yang Digunakan Ibu Hamil dapat Sampai ke Janin

Efek Obat pada Janin

Efek ObatDampakContoh Obat
Obat berefek secara langsung pada janin.Menyebabkan cacat bawaan, cacat jantung, kerusakan saraf, dan hambatan pertumbuhan janin.Phenytoin dan Phenobarbital
Obat memengaruhi jaringan tubuh ibu dan secara tidak langsung berpengaruh pada janin.Memicu terjadinya keguguran.Misoprostol
Obat berefek secara langsung pada janin.Menyebabkan cedera dan kematian pada janin yang sedang berkembang.Golongan ACEI (Lisinopril, Captopril, Ramipril, Enalapril) ARB (Candesartan, Valsartan, Irbesartan, Losartan, Telmisartan)
Tabel 1. Efek Obat pada Janin

Gejala yang sering dijumpai selama kehamilan dan pengobatan yang aman

Batuk

  1. Minum banyak air putih hangat
  2. Gunakan permen hisap yang mengandung mint, madu, atau menthol untuk melegakan tenggorokan
  3. Obat yang aman: Dextromethorphan (untuk batuk kering) atau Glyceryl Guaiacolat/Guaifenesin.

Pilek atau Hidung Tersumbat

  1. Hirup uap hangat atau gunakan balsem yang mengandung menthol (inhaler).
  2. Obat yang aman: Nasal spray yang mengandung NaCl 0,9% dan purified water, contoh: Sterimar

Alergi

  1. Kenali dan hindari semua hal yang dapat menyebabkan alergi.
  2. Jika alergi/gatal di kulit, penggunaan obat topikal (krim, salep, atau bedak) lebih direkomendasikan.
  3. Oleskan tipis dan gunakan dalam jangka pendek.
  4. Obat yang aman:
  • Topikal: Calamine (gejala ringan), Kortikosteroid (gejala berat).
  • Obat minum: Chlorpheniramine Maleate (CTM), Diphenhydramine, Cetirizine, Loratadine

Nyeri, Pegal-pegal, Sakit Kepala

  1. Rendam/kompres air hangat di bagian yang nyeri.
  2. Obat yang aman: Paracetamol

Demam

  1. Kompres air hangat, banyak minum air putih, dan konsumsi makanan berkaldu.
  2. Periksa suhu tubuh secara teratur dengan termometer (jika >40oC atau demam tidak turun dalam 2×24 jam, segera berobat ke dokter/Rumah Sakit terdekat).
  3. Obat yang aman: Paracetamol

Diare

  1. Amati kondisi ibu jika baru 1 hari dan gejala tidak berat.
  2. Jika gejala tidak membaik atau frekuensi diare sering (>5x/hari), segera berobat ke dokter/rumah sakit.
  3. Ganti cairan yang hilang dengan oralit dan makanan yang lunak berkuah.
  4. Obat yang aman: Kaolin-pectin dan Attapulgite.

Sembelit

  1. Perbanyak konsumsi makanan berserat (agar-agar, sayur, buah).
  2. Obat yang aman:
  • Efek lambat: Macrogol (Daylax) (oral: 24-96 jam);
  • Efek cepat: Lakculosa (oral: 24-48 jam), Microlax enema (rektal: 0,25-1 jam)

Keluhan Lambung

  1. Makan teratur, hindari makanan yang memicu asam lambung seperti makanan pedas, asam, coklat, jeruk dan kopi.
  2. Makan dengan porsi kecil tapi sering.
  3. Hindari berbaring setelah makan atau mendekati waktu tidur.
  4. Obat yang aman: Antasida, Sucralfate, Cimetidine, Ranitidine, Omeprazole

Mual-muntah

  1. Obat yang aman: Doxylamine, Pyrathiazine, Dimenhydrinate, (ketiga obat tersebut biasanya dikombinasi dengan Vitamin B6 atau Pyridoxine), Diphenhydramine, Metoclopramide (sebagai pilihan kedua).

Tips Aman Mengonsumsi Obat untuk Ibu Hamil

  1. Pertimbangkan mengatasi penyakit tanpa menggunakan obat, terutama pada trimester pertama kehamilan. Gunakan obat jika benar-benar dibutuhkan atau gejala tidak membaik.
  2. Gunakan obat dalam jangka pendek dan sesuai aturan pakai yang dianjurkan.
  3. Jika membutuhkan pengobatan rutin (contoh: diabetes, hipertensi, asma), konsultasikan pengobatan Anda dengan Dokter. Gunakan obat secara rutin sesuai aturan pakai dan jangan menghentikan pengobatan sendiri.
  4. Hindari mengonsumsi jamu kemasan ataupun obat tradisional
  5. Selalu informasikan kepada dokter bahwa Anda sedang hamil agar Dokter meresepkan obat yang aman bagi Anda dan sang buah hati.
  6. Jika mengalami efek yang mengganggu setelah menggunakan obat, segera hentikan dan periksakan diri ke dokter atau RS terdekat.

Tahukah Anda

Manfaat Asam Folat

  1. Mengurangi risiko cacat pada bayi yang dilahirkan, seperti kerusakan saraf, tulang belakang, penyakit jantung bawaan, kelainan pada wajah dan tungkai, serta gangguan pada saluran kencing.
  2. Menurunkan risiko kanker pada anak-anak, seperti tumor otak dan leukemia.
  3. Membantu pembentukan sel darah merah.
  • Pada wanita berpotensi hamil, direkomendasikan mengonsumsi Asam Folat 0,4–0,8 mg setiap hari dimulai ≥1 bulan sebelum kehamilan dan berlanjut hingga usia kehamilan 12 minggu.
  • Pada wanita dengan riwayat keluarga cacat lahir direkomendasikan mengonsumsi Asam Folat 0,4 mg setiap hari dimulai ≥3 bulan sebelum kehamilan dan berlanjut hingga usia kehamilan 12 minggu.  

Manfaat Arachidonic Acid (AA) dan Docosahexaenoic Acid (DHA)

  1. Membantu perkembangan otak, mata, jantung, dan organ pernapasan yang sehat pada janin.
  2. Meningkatkan kecerdasan dan daya tahan tubuh pada anak.
  3. Menurunkan risiko kelahiran prematur.
  4. Menurunkan risiko depresi setelah melahirkan pada sang ibu.
  • Jumlah AA dan DHA yang direkomendasikan: DHA minimal 200 mg/hari dan jumlah AA maksimal 800 mg/hari selama kehamilan, terutama pada trimester ke-3, dapat menurunkan risiko persalinan dini dan kejadian preeklamsia. DHA dan AA dapat dilanjutkan selama masa menyusui (minimal sampai bayi berusia 6 bulan), sumber DHA dan AA dapat diperoleh dari ikan berlemak (sardin, salmon), susu formula, suplemen minyak ikan.

Manfaat Kalsium

  1. Kalsium bermanfaat untuk pertumbuhan tulang dan gigi yang kuat pada janin. Jika kekurangan kalsium, janin akan mengambil kalsium dari tulang ibu sehingga ibu berisiko mengalami osteoporosis (pengeroposan tulang).
  2. Kecukupan kalsium selama kehamilan terbukti menurunkan risiko tekanan darah tinggi dan kejang pada ibu hamil, serta menurunkan risiko cacat pada bayi yang dilahirkan.
  • WHO merekomendasikan pemberian Kalsium 1,5-2,0 g/hari terbagi menjadi 3 dosis harian sejak usia kehamilan 20 minggu hingga akhir kehamilan. Suplemen Kalsium biasanya dikombinasi dengan Vitamin D agar Kalsium lebih mudah diserap oleh tubuh. Makanan yang mengandung Vitamin D seperti susu, keju, sayuran hijau (brokoli, bayam, buncis), dan seafood. Pedoman ACOG, 2011 merekomendasikan pemberian Vitamin D untuk ibu hamil 1.000-2.000 unit/hari (25-50 mcg/hari), maksimal 4.000 unit/hari (100 mcg/hari).

Pustaka:

ACOG Committee on Obstetric Practice. ACOG Committee Opinion No. 495: Vitamin D: Screening and Supplementation During Pregnancy. Obstet Gynecol. 2011; 118(1): 197-198. Available at https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/21691184/. Doi: 10.1097/AOG.0b013e318227f06b.

Alejandro A et al. 2006. Use of Proton Pump Inhibitors During Pregnancy and Breastfeeding. Available at https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC1781096/

American College of Obstetricians and Gynecologists (ACOG). ACOG Practice bulletin no. 203: chronic hypertension in pregnancy. Obstet Gynecol. 2019; 133(1):e26-e50. Available at https://journals.lww.com/greenjournal/abstract/2019/01000/acog_practice_bulletin_no__203__chronic.50.aspx. Doi 10.1097/AOG.0000000000003020.

Aplikasi Lexicomp Version 7.5.4, Copyright 2023, Wolters Kluwer Clinical Drug Information, Inc.

Aplikasi mims.com/indonesia, Copyright 2023 MIMS Pte Ltd. All rights reserved.

Basak, S., et al. 2020. Maternal Docosahexaenoic Acid Status During Pregnancy and Its Impact on Infant Neurodevelopment. Available at https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC7759779/. Doi: 10.3390/nu12123615.

Eickstaedt M. 2015. Dietary Intakes and Food Sources of Omega-6 and Omega-3 Polyunsaturated Fatty Acids in Pregnant Women Living in New Zealand. Available at https://mro.massey.ac.nz/bitstream/handle/10179/7762/02_whole.pdf.

Frias Gomes, C. 2018. Gastrointestinal Diseases During Pregnancy: What Does The Gastroenterologist Need To Know?. Available at https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC6033757/. Doi 10.20524/aog.2018.0264.

Gunatilake, R., dan Patil, A.S. 2022. Drug Use During Pregnancy. Available at https://www.msdmanuals.com/home/women-s-health-issues/drug-use-during-pregnancy/drug-use-during-pregnancy#:~:text=They%20can%20alter%20the%20function,that%20is%20underweight%20and%20underdeveloped.

Kumar, A., dan Kaur, S. 2017. Calcium: A Nutrient in Pregnancy. Available at https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5561751/. Doi: 10.1007/s13224-017-1007-2.

NHS. 2021. Dosing and Monitoring for Treatment of Vitamin D Deficiency in Pregnancy. Available https://www.sps.nhs.uk/articles/dosing-and-monitoring-for-treatment-of-vitamin-d-deficiency-in-pregnancy/

NHS. 2022. Constipation: Treatment During Pregnancy. Available at  https://www.sps.nhs.uk/articles/constipation-treatment-during-pregnancy/

NHS. 2022. Heartburn and Dyspepsia: Treatment During Pregnancy. Available at https://www.sps.nhs.uk/articles/heartburn-and-dyspepsia-treatment-during-pregnancy/

NHS. 2022. Hayfever or Allergic Rhinitis: Treatment During Pregnancy. Available at https://www.sps.nhs.uk/articles/hayfever-or-allergic-rhinitis-treatment-during-pregnancy/

NHS. 2022. Pain: Treatment During Pregnancy. Available at https://www.sps.nhs.uk/articles/pain-treatment-during-pregnancy/

Pfaller, B., Bendien, S., Ditisheim, A., dan Eiwegger, T. 2021. Management of Allergic Diseases in Pregnancy. Available at https://onlinelibrary.wiley.com/doi/full/10.1111/all.15063. https://doi.org/10.1111/all.15063.

Pharmacy Departement. 2018. Medicines in Pregnancy. Available at https://www.thewomens.org.au/images/uploads/fact-sheets/Medicines-in-pregnancy-171018.pdf.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *